(e-RH) 2 Oktober -- MARKUS 11:15-19 - MENUNGGANGI HAL BAIK

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 2 Oktober 2024
Bacaan : MARKUS 11:15-19
Setahun: Matius 1-4
Nats: Lalu Yesus dan murid-murid-Nya masuk ke Yerusalem. Sesudah masuk ke Bait Allah, mulailah Yesus mengusir orang-orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati, dan Ia tidak memperbolehkan orang membawa barang-barang melintasi halaman Bait Allah. (Markus 11:15-16)

Renungan:

MENUNGGANGI HAL BAIK

Sebenarnya, ketentuan tentang kurban dan persembahan di Bait Suci telah ada dalam Perjanjian Lama. Namun, elite agama Yahudi memperumit pelaksanaannya hingga orang terpaksa membeli (dengan harga mahal) hewan kurban dan koin persembahan di kios-kios yang dikuasai oleh elite itu. Mereka menjadikan masyarakat sebagai objek keserakahan, dan Bait Suci serta peribadatan di sana sebagai alat untuk memeras sesama. Sebab itulah, Tuhan amat sangat murka (ay. 15-16).

Apa yang kita lihat pada tindakan Tuhan itu?

Dengan tindakan itu, Tuhan terutama hendak mengembalikan Bait Suci pada status dan fungsi semestinya: rumah doa (ay. 17). Dengan tindakan itu juga, Tuhan hendak menghentikan praktik-praktik yang menjadikan masyarakat sebagai sapi perah. Tindakan Tuhan itu adalah penolakan atas segala hal yang menjadikan sesama sebagai objek kepentingan egoistis.

Namun, ada lagi.

Bait Suci dan peribadatan adalah representasi hal-hal baik dalam arti luas. Tindakan Tuhan menunjukkan betapa Tuhan marah karena orang menunggangi hal-hal baik untuk tujuan-tujuan yang sama sekali tak baik, Tuhan amat sangat tidak berkenan pada semua tindakan yang menjadikan hal-hal baik sebagai alat untuk melakukan hal-hal tidak baik.

Sampai hari ini pun, tindakan menunggangi hal baik untuk tujuan tak baik ternyata masih ada. Kemarahan Tuhan di atas adalah kode keras agar orang tidak menunggangi hal baik demi tujuan tak baik apa pun itu, agar orang tidak memakai hal-hal mulia sebagai kendaraan bagi motivasi jahat atau hina. --EE/www.renunganharian.net
   
TUHAN TIDAK BERKENAN KITA MENUNGGANGI HAL BAIK UNTUK TUJUAN YANG TIDAK BAIK.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/10/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?MARKUS+11:15-19

MARKUS 11:15-19

15  Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerusalem. Sesudah Yesus masuk ke Bait Allah, mulailah Ia mengusir orang-orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati dibalikkan-Nya,
16  dan Ia tidak memperbolehkan orang membawa barang-barang melintasi halaman Bait Allah.
17  Lalu Ia mengajar mereka, kata-Nya: "Bukankah ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!"
18  Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mendengar tentang peristiwa itu, dan mereka berusaha untuk membinasakan Dia, sebab mereka takut kepada-Nya, melihat seluruh orang banyak takjub akan pengajaran-Nya.
19  Menjelang malam mereka keluar lagi dari kota.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Matius+1-4
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+1-4

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar