(e-RH) 19 September -- LUKAS 21:7-19 - KEPASTIAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 19 September 2024
Bacaan : LUKAS 21:7-19
Setahun: Hosea 1-7
Nats: "Namun, sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku." (Lukas 21:12)

Renungan:

KEPASTIAN

Ketika dokter akan mengambil tindakan medis, operasi misalnya, ia memberi tahu pasien mengenai apa yang akan terjadi. Operasi besar, misalnya, merupakan tindakan yang berisiko tinggi. Itu berarti tingkat ketidakpastian juga tinggi. Segenap prosedur yang akan dilakukan perlu diberitahukan agar pasien dapat mengambil keputusan untuk turut menanggung risiko itu. Menurut penelitian, pasien akan lebih tenang ketika mengetahui seluk-beluk pengalaman yang akan dihadapinya.

Membaca seramnya masa depan yang Yesus ceritakan kepada murid-murid-Nya, mungkin muncul pertanyaan dalam benak kita. Mengapa Yesus menyampaikan gambaran yang begitu pesimis? Ada pemberontakan, peperangan, kelaparan, berbagai bencana alam, serta penyakit (ay. 9-12). Tujuan Yesus sesungguhnya adalah agar umat percaya menjadi waspada dan tidak disesatkan (ay. 8). Keadaan kacau disampaikan agar kita dapat merebut peluang untuk bersaksi bagi-Nya (ay. 13). Gambaran mengenai penganiayaan sebelum terjadinya peristiwa dahsyat dikemukakan agar kita mengetahui apa yang perlu kita siapkan atau lakukan (ay. 14-15).

Di tengah ketidakpastian, kita membutuhkan kepastian. Yesus mengungkapkan yang perlu kita ketahui. Termasuk keadaan buruk yang disampaikan-Nya secara gamblang. Tuhan mengetahui semua peristiwa dan mengendalikan seluruhnya. Kesudahan semua ini adalah sukacita selamanya bersama Tuhan yang hidup (ay. 19). Pengharapan teguh ini menjadi pegangan dan penghiburan yang besar di tengah ketidakpastian dan penderitaan. --HEM/www.renunganharian.net
   
TUHAN MEMBERI KEPASTIAN AKAN KENDALI-NYA SERTA MASA DEPAN YANG DISEDIAKAN BAGI MEREKA YANG SETIA DAN BERTAHAN HINGGA AKHIR.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/09/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?LUKAS+21:7-19

LUKAS 21:7-19

 7  Dan murid-murid bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?"
 8  Jawab-Nya: "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka.
 9  Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera."
10  Ia berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan,
11  dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.
12  Tetapi sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku.
13  Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi.
14  Sebab itu tetapkanlah di dalam hatimu, supaya kamu jangan memikirkan lebih dahulu pembelaanmu.
15  Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu.
16  Dan kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh
17  dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku.
18  Tetapi tidak sehelaipun dari rambut kepalamu akan hilang.
19  Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Hosea+1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Hosea+1-7

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar