(e-SH) 12 September -- Yehezkiel 16:1-14 - Harus Tahu Diri!

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 12 September 2023
Ayat SH: Yehezkiel 16:1-14

Judul: Harus Tahu Diri!

Tidak tahu diri adalah satu sikap yang berbahaya. Seperti menganggap dirinya lebih hebat daripada orang lain. Sikap tidak tahu diri membuat orang tidak bisa mengoreksi dirinya sendiri.

Inilah yang terjadi atas bangsa Israel. Mereka tidak tahu diri sehingga menyebabkan Allah bertindak tegas untuk menegur mereka. Pertama-tama, Allah merendahkan umat Israel hingga setara dengan orang Amori dan orang Het yang mereka sendiri anggap sebagai bangsa yang jahat (3).

Dengan bahasa metaforis, Allah menjabarkan satu per satu asal mula bangsa Israel. Semua itu untuk menunjukkan betapa hinanya bangsa Israel. Bahwa tidak ada yang menyayangi mereka (5). Sejak lahir, Israel adalah anak yang dibuang ke sawah dan hampir mati (6).

Hanya karena belas kasihan Allahlah, maka Israel dipungut bahkan diangkat sebagai "istri" oleh Allah. Sebuah gambaran akan kasih dan kepemilikan Allah atas mereka.

Gambaran metaforis ini hendak menunjukkan kepada umat Israel bahwa mereka bisa hidup hingga hari ini adalah karena kasih Allah yang besar.

Mereka, dalam dirinya sendiri, bukanlah apa-apa jika tanpa Tuhan. Dengan kata lain, umat Israel harus tahu diri!

Nas hari ini adalah gambaran dari manusia yang merasa dirinya paling benar sehingga merasa tidak lagi membutuhkan Tuhan. Padahal, semua yang dimiliki, bahkan hidup manusia itu sendiri adalah pemberian Tuhan.

Rasul Paulus mengajarkan hal ini dengan sangat apik, "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak" (lih. Rm. 3:10) sebab semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Ungkapan itu adalah gambaran bahwa semua orang telah jatuh total (total depravity).

Semuanya tidak berdaya karena dosa! Tak ada lagi keistimewaan kita. Namun, Allah dengan belas kasihan-Nya memilih kita menjadi anak-anak-Nya. Bukan karena kita lebih istimewa, namun hanya karena anugerah Allah yang begitu besar.

Karena itu, kita harus belajar tahu diri. Tahu bahwa hanya karena kasih Allah yang besarlah kita kembali bernilai. Dan tahu, tanpa penyertaan Tuhan, kita tidak ada dalam keadaan yang baik. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/09/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+16:1-14
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+16:1-14

Yehezkiel 16:1-14

 1  Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
 2  "Hai anak manusia, beritahukanlah kepada Yerusalem perbuatan-perbuatannya yang keji
 3  dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada Yerusalem: Asalmu dan kelahiranmu ialah dari tanah Kanaan; ayahmu ialah orang Amori dan ibumu orang Heti.
 4  Kelahiranmu begini: Waktu engkau dilahirkan, pusatmu tidak dipotong dan engkau tidak dibasuh dengan air supaya bersih; juga dengan garampun engkau tidak digosok atau dibedungi dengan lampin.
 5  Tidak seorangpun merasa sayang kepadamu sehingga diperbuatnya hal-hal itu kepadamu dari rasa belas kasihan; malahan engkau dibuang ke ladang, oleh karena orang pandang enteng kepadamu pada hari lahirmu.
 6  Maka Aku lalu dari situ dan Kulihat engkau menendang-nendang dengan kakimu sambil berlumuran darah dan Aku berkata kepadamu dalam keadaan berlumuran darah itu: Engkau harus hidup
 7  dan jadilah besar seperti tumbuh-tumbuhan di ladang! Engkau menjadi besar dan sudah cukup umur, bahkan sudah sampai pada masa mudamu. Maka buah dadamu sudah montok, rambutmu sudah tumbuh, tetapi engkau dalam keadaan telanjang bugil.
 8  Maka Aku lalu dari situ dan Aku melihat engkau, sungguh, engkau sudah sampai pada masa cinta berahi. Aku menghamparkan kain-Ku kepadamu dan menutupi auratmu. Dengan sumpah Aku mengadakan perjanjian dengan engkau, demikianlah firman Tuhan ALLAH, dan dengan itu engkau Aku punya.
 9  Aku membasuh engkau dengan air untuk membersihkan darahmu dari padamu dan Aku mengurapi engkau dengan minyak.
10  Aku mengenakan pakaian berwarna-warna kepadamu dan memberikan engkau sandal-sandal dari kulit lumba-lumba dan tutup kepala dari lenan halus dan selendang dari sutera.
11  Dan Aku menghiasi engkau dengan perhiasan-perhiasan dan mengenakan gelang pada tanganmu dan kalung pada lehermu.
12  Dan Aku mengenakan anting-anting pada hidungmu dan anting-anting pada telingamu dan mahkota kemuliaan di atas kepalamu.
13  Dengan demikian engkau menghias dirimu dengan emas dan perak, pakaianmu lenan halus dan sutera dan kain berwarna-warna; makananmu ialah tepung yang terbaik, madu dan minyak dan engkau menjadi sangat cantik, sehingga layak menjadi ratu.
14  Dan namamu termasyhur di antara bangsa-bangsa karena kecantikanmu, sebab sangat sempurna adanya, oleh karena semarak perhiasan-Ku yang Kuberikan kepadamu, demikianlah firman Tuhan ALLAH."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar