(e-SH) 11 September -- Yehezkiel 15 - Hanya Satu Fungsi

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 11 September 2023
Ayat SH: Yehezkiel 15

Judul: Hanya Satu Fungsi

Benda apa pun biasanya mempunyai satu fungsi primer. Ketika benda itu sudah tidak bisa difungsikan pada tugas primernya, maka sudah seharusnya dibuang.

Tuhan menjadikan pohon anggur sebagai metafora umat Israel (2). Pohon anggur mempunyai satu fungsi primer, yaitu berbuah. Jika tidak berbuah, maka pohon tersebut sudah tidak ada gunanya lagi.

Tuhan menggambarkan betapa tidak bergunanya pohon anggur yang tidak berbuah, tidak ada seorang pun yang mengambil kayunya untuk membuat sesuatu (3), tidak ada keistimewaan dibanding kayu-kayu lain (2), dan ketika sudah dibakar, tidak ada gunanya, bahkan selagi masih hidup pun sudah tidak ada gunanya (5).

Buah yang dimaksud adalah keadilan dan kebenaran (lih.

Yes. 5:7). Dalam ayat tersebut digambarkan bahwa Israel justru menghasilkan buah yang lain dari pada buah yang diharapkan oleh Tuhan. Tuhan mengharapkan buah keadilan, tetapi Israel malah menghasilkan kelaliman. Tuhan mengharapkan kebenaran, tetapi Israel menghasilkan keonaran. Tanpa menghasilkan kebenaran dan keadilan, umat Israel sama seperti pohon anggur yang tidak berbuah. Tidak ada gunanya sama sekali, selain dibuang dan dibakar.

Dalam PB, metafora pohon anggur yang dipakai sedikit berbeda. Yesus adalah pokok anggur yang benar dan setiap pengikut-Nya adalah ranting-ranting-Nya (lih. Yoh. 15:1-8) . Karena itu, setiap orang yang mau berbuah harus menempel pada pokok anggur yang benar, yakni Yesus Kristus.

Bagi Rasul Paulus, berbuah berarti menghasilkan buah Roh, yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (lih. Gal. 5:22-23). Itulah buah yang harus kita hasilkan sebagai ranting yang melekat pada pokok anggur yang benar.

Agar dapat berbuah, kita harus erat berelasi dengan Tuhan karena Dialah sumber pertumbuhan kerohanian kita. Hidupilah juga firman Tuhan dengan setia. Berusahalah dengan giat menghasilkan buah yang Tuhan kehendaki di dalam hidup kita. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/09/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+15
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+15

Yehezkiel 15

 1  Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
 2  "Hai anak manusia, apakah kelebihan kayu anggur dari semua kayu yang buahnya seperti anggur yang tumbuh di antara kayu-kayu di hutan?
 3  Apakah orang mengambil kayunya untuk membuat sesuatu dari padanya ataukah membuat gantungan dari padanya untuk menggantungkan segala macam perkakas padanya?
 4  Sungguh, kayu itu dilemparkan ke dalam api untuk dibakar; kedua ujungnya habis dimakan api dan tengah-tengahnya sedang menyala, bergunakah lagi itu untuk membuat sesuatu?
 5  Lihat, sedangkan waktu ia masih utuh, tidak dipakai untuk sesuatu, apalagi sesudah dimakan api dan terbakar; apakah masih dapat lagi dipakai untuk sesuatu?
 6  Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Seperti kayu anggur di antara kayu-kayu di hutan, yang Kulemparkan ke dalam api untuk dibakar, begitulah Aku lakukan terhadap penduduk Yerusalem.
 7  Aku sendiri akan menentang mereka. Walaupun mereka luput dari api, tetapi api akan memakan mereka. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku menentang mereka
 8  dan Aku menjadikan negeri itu sunyi sepi, oleh karena mereka berobah setia, demikianlah firman Tuhan ALLAH."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar