(e-SH) 6 Mei -- Baca Gali Alkitab

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Baca Gali Alkitab

Ulangan 31:1-13

"Itu karena Tuhan, bukan karena aku." Inilah yang sekiranya mau dikatakan oleh Musa. Sekalipun ia tidak diizinkan untuk memasuki Kanaan dan posisinya sebagai pemimpin akan digantikan, Musa berbesar hati dalam menerima semua itu. Musa tahu bahwa kesempatan untuk menjadi pemimpin berasal dari Tuhan, sehingga ketika Tuhan mengambil kesempatan itu darinya, ia tidak berbantah. Ia juga menyadari bahwa pertolongan yang selama ini dialami oleh umat Israel berasal dari Tuhan, bukan dari dirinya.

Apa saja yang Anda baca?
1. Kepada siapa Musa berbicara? Apa yang Musa katakan tentang dirinya? (1-2)
2. Siapa yang akan memimpin orang Israel? Siapa yang akan menggantikan Musa? (3)
3. Apa yang akan dilakukan Tuhan terhadap bangsa-bangsa yang akan dihadapi umat Israel? Apa pesan Musa bagi mereka? (4-6)
4. Apa pesan Musa kepada Yosua? (7-8)
5. Apa yang Musa perintahkan kepada para imam agar umat Israel tetap takut akan Tuhan? (9-13)

Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Apa bentuk keteladanan yang bisa dipelajari dari Musa sehubungan dengan alih kepemimpinan?
2. Apa yang perlu kita lakukan agar orang yang kita pimpin tetap berada di jalan kehidupan yang benar?

Apa respons Anda?
1. Jika Anda adalah seorang pemimpin, bagaimana Anda mempersiapkan calon penerus Anda? Usaha apa yang akan Anda lakukan supaya dia/mereka tidak menyimpang nantinya?
2. Apakah saat ini Anda sedang mengalami ketakutan karena akan digantikan? Jika Anda merasa tidak rela terhadap alih kepemimpinan itu, apakah Anda menganggapnya sebagai dosa? Bagaimana Anda menyelesaikan itu di hadapan Tuhan?

Pokok Doa:
Bersyukurlah atas kepercayaan yang Tuhan berikan selama ini sebagai seorang pemimpin yang bertanggung jawab.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+31:1-13
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+31:1-13

Ulangan 31:1-13

 1  Kemudian pergilah Musa, lalu mengatakan segala perkataan ini kepada seluruh orang Israel.
 2  Berkatalah ia kepada mereka: "Aku sekarang berumur seratus dua puluh tahun; aku tidak dapat giat lagi, dan TUHAN telah berfirman kepadaku: Sungai Yordan ini tidak akan kauseberangi.
 3  TUHAN, Allahmu, Dialah yang akan menyeberang di depanmu; Dialah yang akan memunahkan bangsa-bangsa itu dari hadapanmu, sehingga engkau dapat memiliki negeri mereka; Yosua, dialah yang akan menyeberang di depanmu, seperti yang difirmankan TUHAN.
 4  Dan TUHAN akan melakukan terhadap mereka seperti yang dilakukan-Nya terhadap Sihon dan Og, raja-raja orang Amori, yang telah dipunahkan-Nya itu, dan terhadap negeri mereka.
 5  TUHAN akan menyerahkan mereka kepadamu dan haruslah kamu melakukan kepada mereka tepat seperti perintah yang kusampaikan kepadamu.
 6  Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."
 7  Lalu Musa memanggil Yosua dan berkata kepadanya di depan seluruh orang Israel: "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkau akan masuk bersama-sama dengan bangsa ini ke negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyang mereka untuk memberikannya kepada mereka, dan engkau akan memimpin mereka sampai mereka memilikinya.
 8  Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati."
 9  Setelah hukum Taurat itu dituliskan Musa, maka diberikannyalah kepada imam-imam bani Lewi, yang mengangkut tabut perjanjian TUHAN, dan kepada segala tua-tua Israel.
10  Dan Musa memerintahkan kepada mereka, demikian: "Pada akhir tujuh tahun, pada waktu yang telah ditetapkan dalam tahun penghapusan hutang, yakni hari raya Pondok Daun,
11  apabila seluruh orang Israel datang menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya, maka haruslah engkau membacakan hukum Taurat ini di depan seluruh orang Israel.
12  Seluruh bangsa itu berkumpul, laki-laki, perempuan dan anak-anak, dan orang asing yang diam di dalam tempatmu, supaya mereka mendengarnya dan belajar takut akan TUHAN, Allahmu, dan mereka melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini,
13  dan supaya anak-anak mereka, yang tidak mengetahuinya, dapat mendengarnya dan belajar takut akan TUHAN, Allahmu, --selama kamu hidup di tanah, ke mana kamu pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar