(e-SH) 6 Mei -- Ulangan 31:1-13 - Post Power Syndrome

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 6 Mei 2023
Ayat SH: Ulangan 31:1-13

Judul: Post Power Syndrome

Post power syndrome adalah suatu kondisi kejiwaan yang pada umumnya dialami oleh seseorang yang kehilangan kekuasaan atau jabatannya, dan biasanya diikuti dengan turunnya harga diri orang itu.

Musa adalah pemimpin yang dipilih secara langsung oleh Tuhan untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir dengan berbagai mukjizat. Selama lebih kurang 40 tahun, ia memimpin bangsa itu. Namun, pada akhirnya ia sendiri tidak bisa masuk ke Tanah Perjanjian. Tuhan sudah mengatakan bahwa Ia akan memilih Yosua untuk menggantikan Musa (2).

Sebagai seorang pemimpin besar, Musa sangat mungkin mengalami post power syndrome. Namun, itu sama sekali tidak terjadi pada dirinya. Sebaliknya, ia mempersiapkan Yosua dengan baik.

Musa meneguhkan hati Yosua agar tidak gentar dalam memimpin Israel. Musa mengingatkan Yosua bahwa ada Tuhan yang menyertainya sehingga Yosua tidak perlu berkecil hati (7-8). Di sisi lain, Musa juga mempersiapkan bangsa Israel dengan mengumumkan pemilihan Tuhan atas Yosua dan penyertaan-Nya atas mereka (3-6). Hal ini penting agar orang-orang Israel tidak membandingkan dan kemudian meragukan kepemimpinan Yosua.

Dengan belajar dari Musa, kita dapat melihat adanya kerendahan hati sekaligus kebesaran hati dari seorang pemimpin yang patut diteladani oleh para pemimpin Kristen hari ini. Seorang pemimpin yang baik akan mempersiapkan penerusnya dengan baik, dan tidak membiarkan orang-orang bergantung pada dirinya, melainkan pada Tuhan saja. Sebab, kehidupan rohani umat Tuhan tidak boleh bergantung pada manusia yang lainnya, melainkan hanya pada Tuhan yang kita percaya.

Hal inilah yang telah Musa lakukan dan seharusnya juga pemimpin Kristen lakukan saat ini. Dengan demikian, tidak akan ada lagi post power syndrome dalam kehidupan seorang pemimpin Kristen. Sebaliknya, yang ada adalah sukacita bersama dalam melayani karena kita semua saling menopang dan menguatkan sebagai sesama anggota tubuh Kristus. [STG]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/05/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+31:1-13
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+31:1-13

Ulangan 31:1-13

 1  Kemudian pergilah Musa, lalu mengatakan segala perkataan ini kepada seluruh orang Israel.
 2  Berkatalah ia kepada mereka: "Aku sekarang berumur seratus dua puluh tahun; aku tidak dapat giat lagi, dan TUHAN telah berfirman kepadaku: Sungai Yordan ini tidak akan kauseberangi.
 3  TUHAN, Allahmu, Dialah yang akan menyeberang di depanmu; Dialah yang akan memunahkan bangsa-bangsa itu dari hadapanmu, sehingga engkau dapat memiliki negeri mereka; Yosua, dialah yang akan menyeberang di depanmu, seperti yang difirmankan TUHAN.
 4  Dan TUHAN akan melakukan terhadap mereka seperti yang dilakukan-Nya terhadap Sihon dan Og, raja-raja orang Amori, yang telah dipunahkan-Nya itu, dan terhadap negeri mereka.
 5  TUHAN akan menyerahkan mereka kepadamu dan haruslah kamu melakukan kepada mereka tepat seperti perintah yang kusampaikan kepadamu.
 6  Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."
 7  Lalu Musa memanggil Yosua dan berkata kepadanya di depan seluruh orang Israel: "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkau akan masuk bersama-sama dengan bangsa ini ke negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyang mereka untuk memberikannya kepada mereka, dan engkau akan memimpin mereka sampai mereka memilikinya.
 8  Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati."
 9  Setelah hukum Taurat itu dituliskan Musa, maka diberikannyalah kepada imam-imam bani Lewi, yang mengangkut tabut perjanjian TUHAN, dan kepada segala tua-tua Israel.
10  Dan Musa memerintahkan kepada mereka, demikian: "Pada akhir tujuh tahun, pada waktu yang telah ditetapkan dalam tahun penghapusan hutang, yakni hari raya Pondok Daun,
11  apabila seluruh orang Israel datang menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya, maka haruslah engkau membacakan hukum Taurat ini di depan seluruh orang Israel.
12  Seluruh bangsa itu berkumpul, laki-laki, perempuan dan anak-anak, dan orang asing yang diam di dalam tempatmu, supaya mereka mendengarnya dan belajar takut akan TUHAN, Allahmu, dan mereka melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini,
13  dan supaya anak-anak mereka, yang tidak mengetahuinya, dapat mendengarnya dan belajar takut akan TUHAN, Allahmu, --selama kamu hidup di tanah, ke mana kamu pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar