(e-RH) 27 Mei -- 1 TIMOTIUS 1:12-17 - CATATAN KELAM PAULUS

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 27 Mei 2023
Bacaan : 1 TIMOTIUS 1:12-17
Setahun: 2 Tawarikh 21-24
Nats: Aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang yang ganas tetapi telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman. (1 Timotius 1:13)

Renungan:

CATATAN KELAM PAULUS

Dalam suatu ibadah, jemaat yang hadir cukup terkejut melihat sosok yang datang bersama pembicara tamu. Raut mukanya terlihat sangar dengan badan besar dan penuh tato. Ketika tiba waktu pemberitaan firman, orang itu diminta untuk bersaksi. Melalui kesaksian itu, terjawablah rasa penasaran dari jemaat yang hadir mengenai orang tersebut. Ia punya latar belakang sebagai seorang preman, juga pernah masuk penjara berkali-kali, sebelum bertobat dan menerima Yesus, lalu memberi hidup untuk melayani Tuhan.

Dalam suratnya kepada Timotius, Rasul Paulus mengakui bahwa dirinya pernah memiliki catatan kelam: penghujat, penganiaya, dan ganas. Ia juga dikenal suka mengejar, menangkap, menyeret para pengikut Kristus, bahkan ia setuju ketika Stefanus dibunuh dengan cara dilempari batu (Kis. 8:1a; 9:1-2). Namun, selain mengakui bahwa semua tindakan itu dilakukan "tanpa pengetahuan dan di luar iman", Paulus juga menyebut kesabaran Yesus yang luar biasa atas dirinya menjadi kunci pertobatannya. Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya (ay. 16).

Jika seorang Paulus dapat mengalami pertobatan dan pembaruan hidup, kita meyakini bahwa orang-orang dengan latar belakang kelam lainnya juga dapat menerima keselamatan sebagai buah dari kesabaran Yesus atas manusia. Hanya, terkadang kita perlu belajar bersabar sampai melihat adanya perubahan nyata dalam diri orang-orang yang kita harapkan untuk bertobat. --GHJ/www.renunganharian.net
   
KARYA ROH KUDUS SANGGUP MENGUBAHKAN MASA LALU YANG KELAM MENJADI PENUH HARAPAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/05/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+TIMOTIUS+1:12-17

1 TIMOTIUS 1:12-17

12  Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku--
13  aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman.
14  Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus.
15  Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: "Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa," dan di antara mereka akulah yang paling berdosa.
16  Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.
17  Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?2+Tawarikh+21-24
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Tawarikh+21-24

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar