(e-SH) 28 Mei -- Yohanes 14:16-17, 26 - "Tenang, Ada Roh Kudus"

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 28 Mei 2023
Ayat SH: Yohanes 14:16-17, 26

Judul: "Tenang, Ada Roh Kudus"

Saat kita mengetahui bahwa orang yang kita kasihi akan pergi meninggalkan kita, kita merasa sedih dan takut. Mungkin itu juga yang dialami murid-murid saat Yesus menyampaikan pesan tentang kepergian-Nya.

Saat Yesus akan meninggalkan mereka, Ia berjanji bahwa akan ada Penolong lain yang akan terus menyertai mereka (16). Penolong itu adalah Roh Kebenaran. Ia tidak dikenal oleh dunia, tetapi para murid akan dapat melihat, mengenal, dan menerima-Nya. Roh Kebenaran itu akan berdiam di dalam diri mereka (17). Jika selama ini mereka belajar kebenaran dari Yesus, nanti Roh Kuduslah yang akan mengajar mereka untuk melakukan apa yang sudah Yesus ajarkan kepada mereka (26).

Allah paham keterbatasan dan kelemahan manusia ciptaan-Nya. Ia tidak hanya mengutus Anak-Nya untuk menyelamatkan manusia dari hukuman dosa, tetapi juga menolong manusia yang telah ditebus itu untuk hidup dalam keselamatan sesuai dengan kehendak dan rencana Allah bagi dunia. Allah mengutus Roh Kudus menjadi Penolong, Penghibur, Pembela, dan juga Penasihat orang percaya dalam melakukan kehendak Allah.

Pada hari Pentakosta ini, kita mengingat peristiwa turunnya Roh Kudus ke atas murid-murid Yesus. Roh Kudus sudah dicurahkan, bukan hanya bagi para murid pada zaman itu, tetapi juga bagi setiap orang yang percaya kepada Allah Bapa di dalam Yesus Kristus. Inilah bukti bahwa janji Allah digenapi.

Allah tidak meninggalkan kita untuk berjuang sendirian menghadapi dosa dunia. Ia juga tidak membiarkan kita dijebak oleh berbagai hikmat dan kepalsuan dunia. Ia terus menjaga, menolong, dan menyertai kita sampai kita memperoleh mahkota kehidupan.

Tentu tak mudah untuk hidup dalam iman di tengah dunia masa kini yang penuh kebajikan dan kebenaran palsu. Namun, tenanglah, ada Roh Kudus yang selalu menyertai kita. Sadarilah kehadiran-Nya dalam hidup kita. Berilah diri kita dipimpin Roh Kudus. Maka, kita akan melihat karya Allah yang mengubahkan dan menyelamatkan. [MAR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/05/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yohanes+14:16-17,+26
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+14:16-17,+26

Yohanes 14:16-17, 26

16  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
17  yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
26  tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar