(e-SH) 22 Januari -- 2 Raja-raja 6:1-7 - Tiada Hal yang Terlalu Kecil untuk Allah

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 22 Januari 2023
Ayat SH: 2 Raja-raja 6:1-7

Judul: Tiada Hal yang Terlalu Kecil untuk Allah

Kita kadang merasa tidak enak hati untuk meminta bantuan Allah untuk masalah yang terlalu sepele. Charles Spurgeon memberikan pertanyaan yang tepat sekali: "Apakah ada hal yang besar bagi Allah?"

Rombongan nabi mau memperluas tempat tinggal mereka yang sudah terlalu sesak (2). Mereka mau pergi ke Sungai Yordan untuk mengambil balok dan mengajak Elisa (2-3). Saat menebang pohon, tidak terduga salah satu mata kapaknya jatuh ke dalam air. Orang itu langsung berteriak kepada Elisa, "Wahai tuanku! Itu barang pinjaman" (5). Elisa kemudian melakukan mukjizat dengan memotong sepotong kayu dan melemparkannya ke tempat mata kapak itu jatuh, maka mata kapak itu pun timbul (6) sehingga dapat diambil kembali (7).

Sepertinya kisah ini bukan bertujuan utama untuk mengisahkan pembangunan tempat tinggal rombongan nabi karena kemudian tidak ada kisah kelanjutan pembangunan rumah tersebut. Melainkan kisah ini terutama untuk menceritakan bagaimana Allah melalui Elisa yang disebut sebagai abdi Allah (6) mendapatkan kembali mata kapak yang sudah jatuh ke dalam air. Tentu, mata kapak pada zaman itu berharga, apalagi itu adalah barang pinjaman, dan tersirat rombongan nabi itu tidak mempunyai dana untuk menggantinya. Tetapi, Elisa adalah nabi yang begitu besar, dan ternyata Allah menugaskannya untuk mencari mata kapak. Tidakkah ini menunjukkan kepada kita bahwa Allah peduli dengan hal sekecil apa pun yang kita alami?

Allah bukan hanya peduli dengan hal besar seperti hal yang bersifat internasional (peperangan bangsa-bangsa), ataupun masalah nasional (keadaan Kerajaan Israel atau Yehuda). Alkitab mengajarkan kepada kita bahwa Allah juga sangat peduli dengan hal kecil, hal yang sehari-hari terjadi dalam kehidupan setiap umat-Nya, seperti kehilangan barang.

Dengan demikian, jangan pernah sungkan meminta pertolongan Allah karena kita pikir hal itu terlalu kecil bagi-Nya! Bersyukurlah juga sebab kita boleh datang kepada-Nya dalam hal sekecil apa pun. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/01/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Raja-raja+6:1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Raja-raja+6:1-7

2 Raja-raja 6:1-7

 1  Pada suatu hari berkatalah rombongan nabi kepada Elisa: "Cobalah lihat, tempat tinggal kami di dekatmu ini adalah terlalu sesak bagi kami.
 2  Baiklah kami pergi ke sungai Yordan dan masing-masing mengambil satu balok dari sana, supaya kami membuat tempat tinggal untuk kami." Jawab Elisa: "Pergilah!"
 3  Lalu berkatalah seorang: "Silakan, ikutlah dengan hamba-hambamu ini." Jawabnya: "Baik aku akan ikut."
 4  Maka ikutlah ia dengan mereka. Setelah mereka sampai di sungai Yordan, merekapun menebang pohon-pohon.
 5  Dan terjadilah, ketika seorang sedang menumbangkan sebatang pohon, jatuhlah mata kapaknya ke dalam air. Lalu berteriak-teriaklah ia: "Wahai tuanku! Itu barang pinjaman!"
 6  Tetapi berkatalah abdi Allah: "Ke mana jatuhnya?" Lalu orang itu menunjukkan tempat itu kepadanya. Kemudian Elisa memotong sepotong kayu, lalu dilemparkannya ke sana, maka timbullah mata kapak itu dibuatnya.
 7  Lalu katanya: "Ambillah." Orang itu mengulurkan tangannya dan mengambilnya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar