(e-SH) 13 Desember -- Nehemia 5:14-19 - Berbakti dalam Profesi

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 13 Desember 2022
Ayat SH: Nehemia 5:14-19

Judul: Berbakti dalam Profesi

Bisakah kita berbakti kepada Allah melalui profesi atau pekerjaan kita? Pertanyaan ini akan terjawab melalui kisah Nehemia berikut ini.

Nehemia sangat marah dan geram melihat kelakuan para penguasa dan pemuka yang mengeruk keuntungan dari rakyat. Selama 12 tahun menjabat sebagai bupati tanah Yehuda, Nehemia tidak pernah mengambil bagian yang menjadi hak bupati (14). Namun, Nehemia justru harus menanggung kebutuhan lebih dari 150 orang (17). Hal itu dilakukannya sebagai seorang yang takut akan Allah (15).

Jikalau para penguasa sebelumnya mengambil hak, bahkan memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri, tidak demikian dengan Nehemia. Ia tak mengambil apa yang menjadi haknya, malahan Nehemia berkorban demi kepentingan rakyat. Ia tak memperkaya diri dengan memanfaatkan jabatan.

Sikap Nehemia itu dapat kita lihat sebagai bentuk pengabdiannya kepada Allah. Melalui profesi dan jabatannya, ia membaktikan diri kepada Allah. Pembaktian diri bukan hanya di bait Allah, bukan hanya saat ibadah, melainkan secara total dalam hidupnya melalui profesinya.

Takut akan Allah adalah dasar hidup orang percaya. Apa pun profesi kita, di mana pun kita ditempatkan, kita tidak bisa berpikir bahwa korupsi itu terjadi hanya di kalangan pejabat. Bahkan, seorang tukang atau pedagang punya cara untuk berlaku curang, merugikan orang lain, dan mengeruk keuntungan. Tidak jarang dalam dunia pelayanan terdapat juga kondisi seperti itu.

Sikap takut akan Tuhan menjadikan kita sungguh-sungguh menekuni profesi kita. Mari kita kerjakan tugas dan tanggung jawab kita disertai sikap takut akan Tuhan (bdk. Kol. 3:23). Pekerjaan yang kita miliki adalah kesempatan berbakti kepada Allah yang mengaruniakan pekerjaan. Kita bersyukur atas pekerjaan yang Tuhan berikan. Melaluinya, sandang dan pangan kita tercukupi. Mari kita tekuni profesi kita dan kita jalankan dengan cara yang baik dan benar. Mari kita gunakan profesi kita untuk berbakti kepada Allah yang mengaruniakan pekerjaan bagi kita. [MKD]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/12/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Nehemia+5:14-19
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Nehemia+5:14-19

Nehemia 5:14-19

14  Pula sejak aku diangkat sebagai bupati di tanah Yehuda, yakni dari tahun kedua puluh sampai tahun ketiga puluh dua pemerintahan Artahsasta jadi dua belas tahun lamanya, aku dan saudara-saudaraku tidak pernah mengambil pembagian yang menjadi hak bupati.
15  Tetapi para bupati yang sebelumnya, yang mendahului aku, sangat memberatkan beban rakyat. Bupati-bupati itu mengambil dari mereka empat puluh syikal perak sehari untuk bahan makanan dan anggur. Bahkan anak buah mereka merajalela atas rakyat. Tetapi aku tidak berbuat demikian karena takut akan Allah.
16  Akupun memulai pekerjaan tembok itu, walaupun aku tidak memperoleh ladang. Dan semua anak buahku dikumpulkan di sana khusus untuk pekerjaan itu.
17  Duduk pada mejaku orang-orang Yahudi dan para penguasa, seratus lima puluh orang, selain mereka yang datang kepada kami dari bangsa-bangsa sekeliling kami.
18  Yang disediakan sehari atas tanggunganku ialah: seekor lembu, enam ekor kambing domba yang terpilih dan beberapa ekor unggas, dan bermacam-macam anggur dengan berlimpah-limpah setiap sepuluh hari. Namun, dengan semuanya itu, aku tidak menuntut pembagian yang menjadi hak bupati, karena pekerjaan itu sangat menekan rakyat.
19  Ya Allahku, demi kesejahteraanku, ingatlah segala yang kubuat untuk bangsa ini.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar