(e-RH) 31 Oktober -- YOHANES 6:1-15 - MENYINGKIR

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 31 Oktober 2022
Bacaan : YOHANES 6:1-15
Setahun: Lukas 23-24
Nats: ... Ia menyingkir lagi ke gunung, seorang diri. (Yohanes 6:15)

Renungan:

MENYINGKIR

Berbondong-bondong orang datang mengikuti Yesus. Pada waktu itu Yesus kembali mengadakan mukjizat. Dengan lima roti dan dua ikan, Yesus memberi mereka semua makan. Makanan bahkan tersisa 12 bakul. Orang banyak takjub melihatnya. Mereka hendak menjadikan Yesus sebagai raja. Maka Yesus menyingkir. Yesus menjauhi kerumunan, lalu pergi ke gunung seorang diri (ay. 15). Di situ Dia berdoa (Mrk. 6:46).

Hari-hari kehidupan di dunia ini sarat akan persoalan. Kadang kala persoalan datang berbondong-bondong. Belum selesai satu masalah, sudah ada masalah lain lagi. Bila situasi seperti itu terjadi, kita dapat meneladani tindakan Yesus, yakni menyingkir. Kita pergi menjauhi kerumunan persoalan untuk berdoa. Kita mengambil waktu sejenak di dalam kamar atau ruangan lainnya yang tenang untuk berbincang dengan Tuhan. Terkadang jalan keluar dari sebuah persoalan itu sederhana. Tetapi kita tidak sadar karena pikiran sudah terlampau penuh dengan kecemasan dan kebimbangan. Menyingkir untuk berdoa ialah tindakan yang akan memberi ketenteraman bagi jiwa. Pikiran pun terbuka, lalu kita dapat jelas melihat jalan keluar yang Tuhan tunjukkan.

Hari ini kita mungkin melihat kerumunan persoalan. Ada banyak sekali masalah menghantam kehidupan kita. Semua itu memunculkan perasaan sedih, susah, takut dan khawatir. Jangan berdiam di tengah kericuhan perasaan-perasaan negatif itu. Tidak ada gunanya, justru membuat diri kita semakin lemah, merana dan menderita. Segera, mari kita menyingkir untuk berdoa. Mari perbincangkan setiap persoalan kepada Tuhan yang Mahakuasa. Maka seketika hati kita menjadi tenteram. Lalu satu demi satu dari persoalan itu akan kita dapatkan jalan keluarnya dari Tuhan. --LIN/www.renunganharian.net
   
SETIAP KALI KERUMUNAN PERSOALAN MENDATANGI KITA, MAKA BERGEGASLAH KITA MENYINGKIR UNTUK BERDOA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/10/31/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?YOHANES+6:1-15

YOHANES 6:1-15

 1  Sesudah itu Yesus berangkat ke seberang danau Galilea, yaitu danau Tiberias.
 2  Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia, karena mereka melihat mujizat-mujizat penyembuhan, yang diadakan-Nya terhadap orang-orang sakit.
 3  Dan Yesus naik ke atas gunung dan duduk di situ dengan murid-murid-Nya.
 4  Dan Paskah, hari raya orang Yahudi, sudah dekat.
 5  Ketika Yesus memandang sekeliling-Nya dan melihat, bahwa orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya, berkatalah Ia kepada Filipus: "Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?"
 6  Hal itu dikatakan-Nya untuk mencobai dia, sebab Ia sendiri tahu, apa yang hendak dilakukan-Nya.
 7  Jawab Filipus kepada-Nya: "Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja."
 8  Seorang dari murid-murid-Nya, yaitu Andreas, saudara Simon Petrus, berkata kepada-Nya:
 9  "Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?"
10  Kata Yesus: "Suruhlah orang-orang itu duduk." Adapun di tempat itu banyak rumput. Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya.
11  Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.
12  Dan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang."
13  Maka merekapun mengumpulkannya, dan mengisi dua belas bakul penuh dengan potongan-potongan dari kelima roti jelai yang lebih setelah orang makan.
14  Ketika orang-orang itu melihat mujizat yang telah diadakan-Nya, mereka berkata: "Dia ini adalah benar-benar nabi yang akan datang ke dalam dunia."
15  Karena Yesus tahu, bahwa mereka hendak datang dan hendak membawa Dia dengan paksa untuk menjadikan Dia raja, Ia menyingkir pula ke gunung, seorang diri.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Lukas+23-24
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+23-24

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar