(e-SH) 1 November -- Ulangan 3:1-11 - Allah yang Berperang bagi Umat-Nya

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 1 November 2022
Ayat SH: Ulangan 3:1-11

Judul: Allah yang Berperang bagi Umat-Nya

Alkitab mengajarkan bahwa ada dua dunia: dunia fisik yang dapat kita lihat dan dunia roh yang tidak terlihat. Karena itu, di dalam Perjanjian Lama (PL), jika Israel berperang dengan bangsa lain, bisa dipahami bahwa yang berperang adalah Allah yang melawan allah lain atau berhala.

Tidak mengherankan, kita melihat dalam nas hari ini Tuhan berfirman bahwa Ia akan menyerahkan Og, raja Basan, beserta seluruh tentaranya dan mereka harus diperlakukan seperti yang diperlakukan terhadap Sihon, raja orang Amori (2). Umat juga mengerti bahwa Tuhan Allahlah yang menyerahkan seluruh tentaranya ke tangan Israel (3). Ketika Tuhan berperang bagi umat-Nya, tak ada yang dapat melawan-Nya. Dengan sengaja penulis menekankan bahwa kebanyakan dari kota-kota yang Tuhan serahkan kepada Israel merupakan "kota berkubu, dengan tembok yang tinggi-tinggi, dengan pintu-pintu gerbang dan palang-palangnya" (5).

Dahulu, ketika Tuhan menyuruh tentara-Nya untuk berperang melawan Kanaan, mereka tidak mau karena di Kanaan ada orang Enak (terkenal dengan raksasanya) dan "kota-kotanya berkubu dan sangat besar" (lih. Bil. 13:28). Para tentara (kecuali Kaleb dan Yosua) tidak berani karena tidak percaya bahwa Tuhan yang akan berperang bagi mereka. Karenanya, penulis dengan jelas menunjukkan bahwa Tuhanlah yang menyerahkan Sihon sebelumnya, dan sekarang Og, ke dalam tangan Israel walau mereka memiliki kota-kota berkubu yang kuat.

Ketika kita melihat pemasalahan besar yang kita hadapi, maka mudah bagi kita untuk merasa putus asa dan menganggap bahwa kita pasti tidak akan dapat mengatasi masalah itu. Peperangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan roh-roh jahat (bdk. Ef. 6:12). Karena itu, jika kita tidak melihat masalah dari perspektif Allah dan tidak mengandalkan kekuatan-Nya dalam kehidupan ini, kita tidak mungkin bisa menang dan melakukan kehendak Allah.

Jangan berfokus hanya pada masalah; sebaliknya, kita terutama harus berfokus pada Allah yang akan berperang bagi kita dan menolong kita. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/11/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+3:1-11
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+3:1-11

Ulangan 3:1-11

 1  "Kemudian beloklah kita dan maju ke arah Basan. Dan Og, raja Basan, dengan seluruh tentaranya maju mendatangi kita, untuk berperang di Edrei.
 2  Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: Janganlah takut kepadanya, sebab Aku menyerahkan dia ke dalam tanganmu beserta seluruh tentaranya dan negerinya, dan perlakukanlah dia seperti yang kaulakukan terhadap Sihon, raja orang Amori, yang diam di Hesybon.
 3  Dan TUHAN, Allah kita, menyerahkan juga Og, raja Basan, beserta seluruh tentaranya ke dalam tangan kita dan kita mengalahkan dia, sehingga tidak seorangpun luput.
 4  Pada waktu itu kita merebut segala kotanya; tidak ada kota yang tidak kita rampas dari pada mereka: enam puluh kota, seluruh wilayah Argob, kerajaan Og di Basan.
 5  Semuanya itu adalah kota berkubu, dengan tembok yang tinggi-tinggi, dengan pintu-pintu gerbang dan palang-palangnya; lain dari pada itu sangat banyak kota yang tidak berkubu.
 6  Kita menumpas seluruh penduduknya, seperti yang kita lakukan terhadap Sihon, raja Hesybon, dengan menumpas penduduk setiap kota: laki-laki, perempuan dan anak-anak.
 7  Tetapi segala hewan dan jarahan dari kota-kota itu kita rampas bagi kita sendiri.
 8  Jadi pada waktu itu dari tangan kedua raja orang Amori itu kita merampas negeri yang di seberang sungai Yordan, mulai dari sungai Arnon sampai gunung Hermon
 9  --orang Sidon menyebut Hermon itu Siryon dan orang Amori menyebutnya Senir--,
10  segala kota di dataran tinggi, seluruh Gilead dan seluruh Basan sampai Salkha dan Edrei, kota-kota kerajaan Og di Basan.
11  Hanya Og, raja Basan, yang tinggal hidup dari sisa-sisa orang Refaim. Sesungguhnya, ranjangnya adalah ranjang dari besi; bukankah itu masih ada di kota Raba bani Amon? Sembilan hasta panjangnya dan empat hasta lebarnya, menurut hasta biasa."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar