(e-SH) 31 Maret -- Mazmur 22:23-32 - Pujian kepada Tuhan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 31 Maret 2022
Ayat SH: Mazmur 22:23-32

Judul: Pujian kepada Tuhan

Kapan terakhir kali Anda memuji kebesaran Tuhan? Apakah Anda memuji Tuhan saat Anda beroleh sukacita dan mendapatkan pertolongan dari-Nya saja? Ketika masalah mengimpit, apakah Anda tetap bisa memuji Tuhan?

Daud telah mengalami pertolongan Tuhan yang ajaib. Daud melihat bahwa Tuhan tak memandang hina atau merasa jijik atas kesengsaraan hidupnya. Tuhan tidak menyembunyikan wajah-Nya kepada yang tertindas. Daud yakin betul, Tuhan mendengar ketika ia berteriak minta tolong (25). Maka, saat pertolongan Tuhan nyata, mulutnya tak henti memuji Tuhan.

Hati yang tersentuh oleh kebaikan Tuhan tak akan membiarkan mulut berdiam diri. Ada kesaksian yang akan terus dinyatakan sebagai wujud ungkapan syukur. Daud memberi kesaksian akan kebaikan Tuhan kepada anak cucunya agar mereka mengingat dan memuji kebesaran Tuhan (31-32). Daud memberi kesaksian akan pertolongan Tuhan yang nyata kepada saudara-saudaranya (23) dan di tengah-tengah orang percaya (23, 26). Dalam kekaguman yang besar kepada Tuhan, Daud berkata bahwa segala ujung bumi akan mengingat dan berbalik kepada Tuhan, segala bangsa akan sujud menyembah-Nya (28).

Mengapa Daud begitu giat memasyhurkan nama Tuhan? Pertolongan Tuhan telah memurnikan hatinya. Pertolongan Tuhan terlebih sering dimulai dari dalam hati. Tuhan senang sekali merenovasi hati manusia. Hati yang berjumpa dengan Tuhan akan meruntuhkan segala kesombongan diri.

Orang yang rendah hati akan merasakan kecukupan di dalam Tuhan. Orang yang rendah hati akan mencari dan memuji Tuhan, dan juga akan memasyhurkan nama Tuhan. Sebab, baginya hidupnya adalah rangkaian pertolongan Tuhan dari waktu ke waktu. Belajarlah untuk rendah hati. Duduklah dengan diam seperti Maria di kaki Yesus yang mendengarkan Tuhan berbicara.

Apakah saat ini Tuhan sedang merobohkan kesombongan di dalam diri kita dan menggantinya dengan kerendahan hati? Bersyukurlah, Ia akan membawa kita melihat keajaiban saat kita menaikkan pujian kepada-Nya. [SLM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/03/31/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Mazmur+22:22-31
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+22:22-31

Mazmur 22:22-31

22  (22-23) Aku akan memasyhurkan nama-Mu kepada saudara-saudaraku dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaah:
23  (22-24) kamu yang takut akan TUHAN, pujilah Dia, hai segenap anak cucu Yakub, muliakanlah Dia, dan gentarlah terhadap Dia, hai segenap anak cucu Israel!
24  (22-25) Sebab Ia tidak memandang hina ataupun merasa jijik kesengsaraan orang yang tertindas, dan Ia tidak menyembunyikan wajah-Nya kepada orang itu, dan Ia mendengar ketika orang itu berteriak minta tolong kepada-Nya.
25  (22-26) Karena Engkau aku memuji-muji dalam jemaah yang besar; nazarku akan kubayar di depan mereka yang takut akan Dia.
26  (22-27) Orang yang rendah hati akan makan dan kenyang, orang yang mencari TUHAN akan memuji-muji Dia; biarlah hatimu hidup untuk selamanya!
27  (22-28) Segala ujung bumi akan mengingatnya dan berbalik kepada TUHAN; dan segala kaum dari bangsa-bangsa akan sujud menyembah di hadapan-Nya.
28  (22-29) Sebab Tuhanlah yang empunya kerajaan, Dialah yang memerintah atas bangsa-bangsa.
29  (22-30) Ya, kepada-Nya akan sujud menyembah semua orang sombong di bumi, di hadapan-Nya akan berlutut semua orang yang turun ke dalam debu, dan orang yang tidak dapat menyambung hidup.
30  (22-31) Anak-anak cucu akan beribadah kepada-Nya, dan akan menceritakan tentang TUHAN kepada angkatan yang akan datang.
31  (22-32) Mereka akan memberitakan keadilan-Nya kepada bangsa yang akan lahir nanti, sebab Ia telah melakukannya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar