(e-SH) 29 Desember -- Hagai 2:16-20 - Hari-hari Penuh Berkat

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 29 Desember 2021
Ayat SH: Hagai 2:16-20

Judul: Hari-hari Penuh Berkat

Kita mungkin pernah diberi janji-janji yang manis. Ketika kita kesusahan, ada orang yang menjual sesuatu dengan janji bahwa itulah solusi yang akan memperbaiki hidup kita. Namun, apakah itu benar?

Ada hal menarik saat umat Tuhan membangun Bait Suci pada zaman Nabi Hagai. Ketika mereka lesu dalam membangun rumah Tuhan, mereka mengalami gagal panen. Sebaliknya, ketika mereka mulai membawa kayu dan meletakkan dasarnya, Tuhan membuat pekerjaan mereka tidak sia-sia (19). Jadilah, hari-hari pembangunan Bait Suci menjadi hari-hari penuh berkat (20). Mengapa bisa demikian?

Tuhan ingin menyampaikan pesan yang sangat mendasar dan penting. Jangan pernah menyepelekan Tuhan! Bagaimanapun pembangunan Bait Suci adalah pekerjaan Tuhan. Perintah-Nya untuk membangun Bait Suci bukan omong kosong yang tidak bisa dipegang. Dimintalah umat-Nya untuk menguji pekerjaan-Nya. Ketika mereka mengikuti perintah Tuhan, perkataan-Nya terbukti benar karena mereka mulai melihat panen yang baik seperti yang dijanjikan Tuhan.

Tuhan juga tidak menunda-nunda karena "Mulai dari hari ini Aku akan memberi berkat!" (20). Bukan bertahun-tahun kemudian setelah Bait Suci selesai dibangun, tetapi pada hari itu juga Tuhan menurunkan berkat-Nya. Apa yang segera terjadi setelah kayu dibawa untuk pembangunan dan batu demi batu ditaruh menjadi tanda dimulainya kemeriahan membangun Bait Suci.

Bagi Nabi Hagai, melalui pembangunan Bait Suci, Tuhan sedang memberkati bangsa itu. Yang dibutuhkan tinggal iman dan sikap percaya. Bagi kita, jika Dia memerintahkan kita untuk melakukan pekerjaan baik, pasti Dia akan memberkati kita sebagai para pekerja-Nya.

Bagaimana supaya iman demikian menjadi keniscayaan? Taat pada firman Tuhan merupakan pilihan bijak, dengan cara mendengarkan, menyimak, dan melakukan setiap firman-Nya. Itulah yang Dia harapkan dari umat kepunyaan-Nya.

Hari-hari penuh berkat siap untuk dibentangkan Tuhan di depan umat yang taat dan turut mengerjakan karya Tuhan dengan sepenuh hati. Sekarang, siap sediakah kita untuk ambil bagian dalam pekerjaan Tuhan yang menyelamatkan hidup ini? [SZR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/12/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Hagai+2:15-19
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Hagai+2:15-19

Hagai 2:15-19

15  (2-16) "Maka sekarang, perhatikanlah mulai dari hari ini dan selanjutnya! Sebelum ditaruh orang batu demi batu untuk pembangunan bait TUHAN,
16  (2-17) bagaimana keadaanmu? Ketika orang pergi melihat suatu timbunan gandum yang seharusnya sebanyak dua puluh gantang, hanya ada sepuluh; dan ketika orang pergi ke tempat pemerasan anggur untuk mencedok lima puluh takar, hanya ada dua puluh.
17  (2-18) Aku telah memukul kamu dengan hama dan penyakit gandum dan segala yang dibuat tanganmu dengan hujan batu; namun kamu tidak berbalik kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN.
18  (2-19) Perhatikanlah mulai dari hari ini dan selanjutnya--mulai dari hari yang kedua puluh empat bulan kesembilan. Mulai dari hari diletakkannya dasar bait TUHAN perhatikanlah
19  (2-20) apakah benih masih tinggal tersimpan dalam lumbung, dan apakah pohon anggur dan pohon ara, pohon delima dan pohon zaitun belum berbuah? Mulai dari hari ini Aku akan memberi berkat!"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar