(e-SH) 28 Juni -- Yesaya 49:22-50:3 - Salah Sendiri

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 28 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 49:22-50:3

Judul: Salah Sendiri

Apa reaksi kita ketika kita berutang dan menderita karenanya, lalu ada seorang dermawan yang datang membayar utang-utang kita? Pasti kita akan berterima kasih dan memperlakukan orang itu dengan sebaik-baiknya sepanjang hidup kita, bukan?

Pada bagian ini, Tuhan menyatakan bahwa Dia melepaskan Israel. Bahkan Tuhan menjadikan raja-raja besar bangsa lain tunduk kepada mereka (49:23). Tuhan sendiri melawan para pahlawan yang gagah untuk merebut kembali para tawanan, bahkan menghukum mereka yang menindas Israel (49:25-26). Tetapi, bukannya merasa bersalah dan bersyukur, Israel justru merasa bahwa Tuhanlah yang bersalah atas kejadian itu, karena Tuhan telah meninggalkan mereka (5:1-2).

Sepanjang sejarah Perjanjian Lama, orang Israel telah mengalami banyak hal buruk. Dan kejadian itu bermula karena mereka melanggar ketetapan Tuhan. Mereka kerap kali dikalahkan bangsa-bangsa lain karena mereka tidak lagi mengandalkan Tuhan. Tetapi ironisnya, mereka tidak belajar dari kesalahan. Sebaliknya, mereka malah menyalahkan Tuhan atas hukuman yang menimpa mereka.

Memang hal ini tampaknya ironis, tetapi bukankah hal seperti ini sering kita lakukan? Kita tidak mengandalkan Tuhan dan tidak taat kepada firman-Nya. Kita kerap kali mempertanyakan kehadiran-Nya. Hal ini menggambarkan sejarah manusia, yaitu bahwa manusia berulang-ulang melakukan kesalahan dan dosa. Semua ini dikarenakan manusia yang naturnya berdosa, sehingga kecenderungan untuk melawan Tuhan selalu muncul. Karena itulah, Tuhan sendiri menanggung akibat dosa dan memberikan keselamatan bagi kita manusia (Yes. 53:5).

Kita harus belajar mengoreksi diri atas kejadian yang terjadi. Daripada terburu-buru menyalahkan Tuhan, kita perlu berpikir dan merenung tentang kesalahan kita sendiri. Tuhan selalu baik kepada manusia. Dialah Juru Selamat dan Penebus kita. Akuilah di hadapan Tuhan bahwa kita penuh dosa, dan bersyukurlah kepada-Nya atas anugerah-Nya yang ajaib dan indah. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+49:22-50:3
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+49:22-50:3

Yesaya 49:22-50:3

22  Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Lihat, Aku akan mengangkat tangan-Ku sebagai tanda untuk bangsa-bangsa dan memasang panji-panji-Ku untuk suku-suku bangsa, maka mereka akan menggendong anak-anakmu laki-laki dan anak-anakmu perempuan akan didukung di atas bahunya.
23  Maka raja-raja akan menjadi pengasuhmu dan permaisuri-permaisuri mereka menjadi inangmu. Mereka akan sujud kepadamu dengan mukanya sampai ke tanah dan akan menjilat debu kakimu. Maka engkau akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, dan bahwa orang-orang yang menanti-nantikan Aku tidak akan mendapat malu."
24  Dapatkah direbut kembali jarahan dari pahlawan atau dapatkah lolos tawanan orang gagah?
25  Sungguh, beginilah firman TUHAN: "Tawanan pahlawanpun dapat direbut kembali, dan jarahan orang gagah dapat lolos, sebab Aku sendiri akan melawan orang yang melawan engkau dan Aku sendiri akan menyelamatkan anak-anakmu.
26  Aku akan memaksa orang-orang yang menindas engkau memakan dagingnya sendiri, dan mereka akan mabuk minum darahnya sendiri, seperti orang mabuk minum anggur baru, supaya seluruh umat manusia mengetahui, bahwa Aku, TUHAN, adalah Juruselamatmu dan Penebusmu, Yang Mahakuat, Allah Yakub."
 1  Beginilah firman TUHAN: "Di manakah gerangan surat cerai ibumu tanda Aku telah mengusir dia? Atau kepada siapakah di antara penagih hutang-Ku Aku pernah menjual engkau? Sesungguhnya, oleh karena kesalahanmu sendiri kamu terjual dan oleh karena pelanggaranmu sendiri ibumu diusir.
 2  Mengapa ketika Aku datang tidak ada orang, dan ketika Aku memanggil tidak ada yang menjawab? Mungkinkah tangan-Ku terlalu pendek untuk membebaskan atau tidak adakah kekuatan pada-Ku untuk melepaskan? Sesungguhnya, dengan hardik-Ku Aku mengeringkan laut, Aku membuat sungai-sungai menjadi padang gurun; ikan-ikannya berbau amis karena tidak ada air dan mati kehausan.
 3  Aku mengenakan pakaian kelam kepada langit dan menyelimutinya dengan kain kabung."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar