(e-RH) 28 Juni -- NEHEMIA 5:1-13 - MARAH YANG BENAR

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 28 Juni 2021
Bacaan : NEHEMIA 5:1-13
Setahun: Mazmur 18-22
Nats: Maka sangat marahlah aku, ketika kudengar keluhan mereka dan berita-berita itu. (Nehemia 5:6)

Renungan:

MARAH YANG BENAR

Apa yang membuat kita marah? Biasanya, bagaimana kita menangani kemarahan? Saya terkadang menyesali kemarahan yang sudah telanjur. Kadang alasan kemarahan saya memang benar, namun saya kurang bijaksana menyampaikan amarah. Di kesempatan lain, saya bahkan marah karena hal-hal yang tidak prinsip. Sesuatu yang kemudian saya sesali. Saya sadar, saya masih perlu terus belajar dari pernyataan Aristoteles ini: "Marah itu gampang. Setiap orang dapat melakukannya. Tetapi marah kepada orang yang tepat dengan porsi, waktu dan tujuan serta cara yang tepat, itu tidak mudah dan tidak setiap orang bisa melakukannya."

Saat Nehemia sedang mengupayakan kesejahteraan orang Yahudi dengan membangun tembok Yerusalem, ia berhadapan dengan orang-orang yang justru mencari keuntungan dari kemalangan rekan sebangsanya. Orang-orang kaya memanfaatkan bencana kelaparan dan krisis ekonomi saat itu untuk menguasai kehidupan dan aset orang lain. Mereka memperbudak dan menjual saudara-saudaranya sendiri. Mendengar keluhan itu, Nehemia sangat marah.

Dalam amarahnya, Nehemia tetap bertindak hati-hati. Ia berpikir masak-masak tentang apa dan bagaimana tindakan terbaik yang akan dilakukannya (ay. 7). Itu sekaligus menjadi kesempatannya berdoa dan meminta hikmat Tuhan. Ia pun mengambil keputusan yang tepat, yang mendorong dan menolong semua orang menaati Tuhan. Kemarahan yang benar memang membawa kebaikan bagi sesama dan memuliakan nama Tuhan. --HT/www.renunganharian.net
   
KEMARAHAN YANG BENAR LAHIR DARI NIAT DAN TUJUAN YANG KUDUS, NAMUN JUGA DISAMPAIKAN DENGAN KASIH YANG TULUS.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/06/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/06/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?NEHEMIA+5:1-13

NEHEMIA 5:1-13

 1  Maka terdengarlah keluhan yang keras dari rakyat dan juga dari pihak para isteri terhadap sesama orang Yahudi.
 2  Ada yang berteriak: "Anak laki-laki dan anak perempuan kami banyak dan kami harus mendapat gandum, supaya kami dapat makan dan hidup."
 3  Dan ada yang berteriak: "Ladang dan kebun anggur dan rumah kami gadaikan untuk mendapat gandum pada waktu kelaparan."
 4  Juga ada yang berteriak: "Kami harus meminjam uang untuk membayar pajak yang dikenakan raja atas ladang dan kebun anggur kami.
 5  Sekarang, walaupun kami ini sedarah sedaging dengan saudara-saudara sebangsa kami dan anak-anak kami sama dengan anak-anak mereka, namun kami terpaksa membiarkan anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan kami menjadi budak dan sudah beberapa anak perempuan kami harus membiarkan diri dimiliki orang. Kami tidak dapat berbuat apa-apa, karena ladang dan kebun anggur kami sudah di tangan orang lain."
 6  Maka sangat marahlah aku, ketika kudengar keluhan mereka dan berita-berita itu.
 7  Setelah berpikir masak-masak, aku menggugat para pemuka dan para penguasa. Kataku kepada mereka: "Masing-masing kamu telah makan riba dari saudara-saudaramu!" Lalu kuadakan terhadap mereka suatu sidang jemaah yang besar.
 8  Berkatalah aku kepada mereka: "Kami selalu berusaha sedapat-dapatnya untuk menebus sesama orang Yahudi yang dijual kepada bangsa-bangsa lain. Tetapi kamu ini justru menjual saudara-saudaramu, supaya mereka dibeli lagi oleh kami!" Mereka berdiam diri karena tidak dapat membantah.
 9  Kataku: "Tidaklah patut apa yang kamu lakukan itu! Bukankah kamu harus berlaku dengan takut akan Allah kita untuk menghindarkan diri dari cercaan bangsa-bangsa lain, musuh-musuh kita?
10  Juga aku dan saudara-saudaraku dan anak buahku telah membungakan uang dan gandum pada mereka. Biarlah kita hapuskan hutang mereka itu!
11  Biarlah kamu kembalikan kepada mereka hari ini juga ladang mereka, kebun anggur, kebun zaitun dan rumah mereka, pula hapuskanlah hutang mereka, yakni uang serta gandum, anggur dan minyak yang kamu tagih dari pada mereka!"
12  Berkatalah mereka: "Itu akan kami kembalikan! Dan kami tidak akan menuntut apa-apa dari mereka. Kami akan lakukan tepat seperti yang engkau perintahkan!" Lalu aku memanggil para imam dan menyuruh mereka bersumpah, bahwa mereka akan menepati janji mereka.
13  Juga kukebas lipatan bajuku sambil berkata: "Demikianlah setiap orang yang tidak menepati janji ini akan dikebas Allah dari rumahnya dan hasil jerih payahnya. Demikianlah ia dikebas dan menjadi hampa!" Dan seluruh jemaah berkata: "Amin," lalu memuji-muji TUHAN. Maka rakyat berbuat sesuai dengan janji itu.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Mazmur+18-22
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+18-22

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar