(e-RH) 3 Juni -- ESTER 4:10-17 - AKSES KEPADA RAJA

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 3 Juni 2021
Bacaan : ESTER 4:10-17
Setahun: Ezra 6-7
Nats: "Semua pegawai raja serta penduduk daerah-daerah kerajaan mengetahui bahwa bagi setiap laki-laki atau perempuan, yang menghadap raja di pelataran dalam dengan tiada dipanggil, hanya berlaku satu undang-undang, yakni hukuman mati. Hanya orang yang kepadanya raja mengulurkan tongkat emas, yang akan tetap hidup." (Ester 4:11)

Renungan:

AKSES KEPADA RAJA

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tidak mudah bagi orang biasa untuk bertemu dengan para pejabat tinggi. Semakin tinggi jabatannya, semakin berlapis hierarki yang harus ditembus untuk menemuinya.

Para raja negeri timur dikondisikan hanya mendengar berita-berita baik. Mereka memerintah dalam dunia ilusi, sehingga terlindung dari realitas sebenarnya. Mereka tidak dapat diakses oleh sembarang orang. Hanya dengan izin sang rajalah seseorang dapat menemuinya dan berbicara kepadanya. Jika seseorang menghadap raja tanpa dipanggil, ia membahayakan nyawanya. Anehnya, peraturan itu juga berlaku bagi sang ratu. Hanya perkenanan rajalah yang dapat membuatnya beroleh ampun atas pelanggaran itu. Itulah pergumulan Ratu Ester, ketika ia hendak menyampaikan persoalan hidup mati bangsanya kepada Raja Ahasyweros. Syukurnya, setelah ia dan seluruh umat Yahudi di puri Susan berpuasa selama tiga hari, Ester menghadap raja dan mendapat perkenanannya.

Kita bersyukur bahwa Raja segala raja sekalipun Dia Mahamulia dan Kudus namun Dia juga mengasihi manusia berdosa. Jika mengandalkan keberadaan dan kehebatan sendiri, tidak ada yang mampu beroleh akses kepada-Nya. Syukurnya, Dia murah hati dan berbelaskasihan. Dia mengutus Anak-Nya, menjadi pendamaian atas dosa-dosa kita. Melalui iman kepada Kristus, kita menjadi anak-anak-Nya, dan beroleh akses tak terbatas kepada-Nya (Ibr. 4:16; 10:19-22). Terpujilah Allah! --HT/www.renunganharian.net
   
HANYA MELALUI PENGORBANAN KRISTUS YANG SANGAT BERHARGA, KITA MENJADI ORANG-ORANG YANG BERKENAN BAGI ALLAH, SANG RAJA SURGA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/06/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/06/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?ESTER+4:10-17

ESTER 4:10-17

10  Akan tetapi Ester menyuruh Hatah memberitahukan kepada Mordekhai:
11  "Semua pegawai raja serta penduduk daerah-daerah kerajaan mengetahui bahwa bagi setiap laki-laki atau perempuan, yang menghadap raja di pelataran dalam dengan tiada dipanggil, hanya berlaku satu undang-undang, yakni hukuman mati. Hanya orang yang kepadanya raja mengulurkan tongkat emas, yang akan tetap hidup. Dan aku selama tiga puluh hari ini tidak dipanggil menghadap raja."
12  Ketika disampaikan orang perkataan Ester itu kepada Mordekhai,
13  maka Mordekhai menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Ester: "Jangan kira, karena engkau di dalam istana raja, hanya engkau yang akan terluput dari antara semua orang Yahudi.
14  Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu."
15  Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai:
16  "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."
17  Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti yang dipesankan Ester kepadanya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Ezra+6-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ezra+6-7

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar