(e-SH) 4 Juni -- Yesaya 39:1-8 - Sombong Awal Kejatuhan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 4 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 39:1-8

Judul: Sombong Awal Kejatuhan

Kesombongan manusia adalah awal dari kehancuran. Secara tidak langsung manusia meninggikan diri sendiri dan melupakan karya Allah dalam keberhasilannya; seakan-akan semua itu dimiliki karena kekuatannya sendiri.

Raja Babel, Merodakh-Baladan bin Baladan, mengirim utusan untuk menjumpai Hizkia yang telah sembuh dari sakit. Hizkia merasa senang atas kunjungan tersebut sehingga ia memperlihatkan harta benda dan persenjataan yang dimilikinya (2). Ketika Nabi Yesaya mendengar apa yang dilakukan Hizkia, ia menubuatkan bahwa semua kekayaan Hizkia akan diambil dan rakyatnya akan dibuang ke Babel (5-7).

Ketika Hizkia dengan sukacita menjumpai utusan raja Babel dan tergoda untuk menunjukkan kebesarannya dengan memperlihatkan semua harta benda yang dimiliki kerajaannya, hal itu didasari oleh keinginannya untuk mencari nama besar di depan utusan raja Babel. Kerajaan Babel adalah kerajaan besar dan kaya, fakta itu memancing Hizkia untuk mengagungkan kerajaannya. Hal tersebut dipandang tidak layak di mata Nabi Yesaya. Raja hanya hamba Allah. Hizkia seharusnya mengagungkan Allah atas apa yang dimilikinya. Tanpa Allah, Hizkia dan kerajaannya tidak akan berarti.

Untuk menyadarkan Hizkia, Nabi Yesaya menegurnya lewat nubuat bahwa semua kekayaan dan rakyatnya akan ditawan oleh Kerajaan Babel. Ketika semuanya tidak ada, tidak ada lagi kebanggaan Hizkia. Apa yang dinubuatkan Yesaya adalah cara Allah menegur kesombongan Hizkia. Maka, Hizkia pun menerima teguran tersebut dan mengakui kekeliruannya.

Segala yang kita miliki adalah karya kasih Allah dalam kehidupan ini. Semuanya mempunyai tujuan untuk memuliakan Allah. Jangan sampai kita mencuri kemuliaan-Nya dengan menghilangkan peran Allah. Akuilah kasih-Nya dalam semua keberhasilan yang ada dan muliakanlah keagungan-Nya selalu.

Mintalah hikmat Tuhan agar kita tidak jatuh ke dalam kesombongan yang memuliakan nama kita sendiri. Mari kita tetap rendah hati demi memuliakan nama-Nya. [JMS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+39:1-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+39:1-8

Yesaya 39:1-8

 1  Pada waktu itu Merodakh-Baladan bin Baladan, raja Babel, menyuruh orang membawa surat dan pemberian kepada Hizkia, sebab telah didengarnya bahwa Hizkia sakit tadinya dan sudah kuat kembali.
 2  Hizkia bersukacita atas kedatangan mereka, lalu diperlihatkannyalah kepada mereka gedung harta bendanya, emas dan perak, rempah-rempah dan minyak yang berharga, segenap gedung persenjataannya dan segala yang terdapat dalam perbendaharaannya. Tidak ada barang yang tidak diperlihatkan Hizkia kepada mereka di istananya dan di seluruh daerah kekuasaannya.
 3  Kemudian datanglah nabi Yesaya kepada raja Hizkia dan bertanya kepadanya: "Apakah yang telah dikatakan orang-orang ini? Dan dari manakah mereka datang?" Jawab Hizkia: "Mereka datang dari negeri yang jauh, dari Babel!"
 4  Lalu tanyanya lagi: "Apakah yang telah dilihat mereka di istanamu?" Jawab Hizkia: "Semua yang ada di istanaku telah mereka lihat. Tidak ada barang yang tidak kuperlihatkan kepada mereka di perbendaharaanku."
 5  Lalu Yesaya berkata kepada Hizkia: "Dengarkanlah firman TUHAN semesta alam!
 6  Sesungguhnya, suatu masa akan datang, bahwa segala yang ada dalam istanamu dan yang disimpan oleh nenek moyangmu sampai hari ini akan diangkut ke Babel. Tidak ada barang yang akan ditinggalkan, demikianlah firman TUHAN.
 7  Dan dari keturunanmu yang akan kauperoleh, akan diambil orang untuk menjadi sida-sida di istana raja Babel."
 8  Hizkia menjawab kepada Yesaya: "Sungguh baik firman TUHAN yang engkau ucapkan itu!" Tetapi pikirnya: "Asal ada damai dan keamanan seumur hidupku!"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar