(e-SH) 5 April -- Yohanes 20:11-18 - Dengar, Namamu Kusebut

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 5 April 2021
Ayat SH: Yohanes 20:11-18

Judul: Dengar, Namamu Kusebut

Trauma masa lalu atau pengalaman hidup yang tidak menyenangkan sering kali membuat seseorang sulit untuk percaya, sulit menerima fakta baru ataupun sulit percaya kepada orang lain. Dalam nas pembacaan hari ini, Maria terlihat sulit menerima fakta kebangkitan Yesus.

Sementara Petrus dan Yohanes pulang dari kubur Yesus, Maria Magdalena memilih untuk tetap tinggal (11). Dalam pemikirannya, ia masih menyangka bahwa jenazah Yesus dicuri orang. Kabut duka yang begitu menyelimutinya membuat ia tidak menyadari bahwa dua malaikat telah berdiri di dekatnya, bahkan juga Yesus. (12-14). Ia menyangka Yesus adalah pengurus taman. Maria terus mencecar-Nya dengan pertanyaan sampai nama-Nya disebut Pribadi yang Agung (16).

Posisi duduk dua malaikat itu melambangkan tutup tabut perjanjian yang menunjukkan kemuliaan Allah ada di situ. Maria baru tersadar ketika Yesus memanggil namanya. Sang Gembala Agung "memanggil domba-domba-Nya menurut namanya" (lih. Yoh. 10:3). Dan, "domba-domba" itu mengenali suara-Nya.

Sama seperti Maria, sering kali kita sulit percaya akan janji Tuhan. Kita sibuk mencecar-Nya dengan pertanyaan-pertanyaan yang berasal dari kepanikan kita. Kita menjadi bimbang dan ragu. Namun, Tuhan tetap setia. Kita hanya perlu peka untuk mendengarkan suara-Nya.

Seperti mandat yang Yesus berikan kepada Maria untuk "pergi" dan "katakan", mandat yang sama berlaku bagi kita yang telah percaya. "Pergilah" kepada sanak saudara, teman, atau sahabat kita; lalu "katakan" bahwa Yesus Kristus, Tuhan dan Raja, telah bangkit dari kematian, dan Ia pergi kepada Bapa untuk menyediakan tempat bagi kita di surga.

Dengan kuasa Roh Kudus, marilah kita berkomitmen untuk menyampaikan berita tentang kebangkitan Yesus kepada dunia. Tuhan mau memakai kita untuk memanggil nama-nama mereka yang telah dipilih-Nya untuk menerima anugerah keselamatan dari Allah, sebagaimana nama kita telah dipanggil-Nya dan menerima kemurahan anugerah-Nya itu. [PHM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/04/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yohanes+20:11-18
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+20:11-18

Yohanes 20:11-18

11  Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu,
12  dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring.
13  Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis?" Jawab Maria kepada mereka: "Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan."
14  Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.
15  Kata Yesus kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya."
16  Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!", artinya Guru.
17  Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."
18  Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar