(e-RH) 5 April -- ROMA 6:1-14 - MATI SEBELUM BANGKIT

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 5 April 2021
Bacaan : ROMA 6:1-14
Setahun: 1 Samuel 14:24-16
Nats: Oleh karena kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, maka kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. (Roma 6:5)

Renungan:

MATI SEBELUM BANGKIT

Sebagian orang mudah merasa iri melihat kesuksesan orang lain. Saat menyaksikan kehidupan artis melalui tayangan televisi, atau melihat kesuksesan seorang youtuber, misalnya. Mereka berkomentar: "Betapa senangnya dia! Kerjanya gampang, uangnya banyak!" Siapa sangka jika di balik kesuksesan itu tersembunyi perjuangan panjang yang melelahkan dan menguras emosi?

Cerita kebangkitan Yesus menjadi bagian yang membawa sukacita tersendiri bagi orang percaya. Apalah artinya jika setelah kematian-Nya Yesus tidak mengalami kebangkitan? Bukankah Ia hanya akan menjadi sama seperti manusia pada umumnya? Jika demikian, sia-sialah kita beriman kepada-Nya.

Kisah kebangkitan Yesus dan harapan manis yang menyertainya menjadi fokus sebagian orang percaya. Kita lupa bahwa kebangkitan Yesus didahului dengan proses panjang yang penuh penderitaan dan pengorbanan hingga kematian. Kita mau mengikut Yesus karena ingin berkat-Nya: kuasa kebangkitan-Nya yang disertai dengan mukjizat. Namun kita enggan melakukan perjuangan "menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya". Padahal, kebangkitan harus selalu didahului dengan kematian.

Mari sadari bahwa kita harus menyalibkan manusia lama kita supaya mati terhadap dosa! Kita harus terputus dari segala bentuk dosa, untuk kemudian mengalami kebangkitan: hidup baru dalam iman dan kasih. Lagi pula kebangkitan dan hidup baru di dalam Tuhan tidak boleh kita salah artikan sebagai sebuah kebebasan. Sebab mengalami kebangkitan berarti bangkit untuk memberi hidup bagi Allah. --EBL/www.renunganharian.net
   
TIDAK ADA KEBANGKITAN YANG TIDAK DIDAHULUI DENGAN KEMATIAN. KEBANGKITAN ROHANI HARUS DIAWALI DENGAN MEMATIKAN YANG DUNIAWI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/04/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/04/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?ROMA+6:1-14

ROMA 6:1-14

 1  Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu?
 2  Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?
 3  Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
 4  Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
 5  Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.
 6  Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.
 7  Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.
 8  Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia.
 9  Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia.
10  Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah.
11  Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.
12  Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya.
13  Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.
14  Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?1+Samuel+14:24-16
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Samuel+14:24-16

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar