(e-RH) 12 Februari -- YESAYA 42:18-25 - BELAJAR MENDENGAR

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 12 Februari 2021
Bacaan : YESAYA 42:18-25
Setahun: Bilangan 1-2
Nats: Engkau melihat banyak, tetapi tidak memperhatikan, engkau memasang telinga, tetapi tidak mendengar. (Yesaya 42:20)

Renungan:

BELAJAR MENDENGAR

Telinga untuk mendengar. Semua orang tahu itu. Banyak juga yang menafsirkan bahwa Tuhan memberi kita dua telinga dan satu mulut, agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. Masalahnya, tidak semua orang otomatis punya keterampilan mendengar. Kadang kita terlihat sedang mendengarkan, namun pikiran kita mengembara ke dunia lain. Banyak orang tidak dapat mengulangi atau meringkaskan inti dari sesuatu yang baru saja mereka dengar. Banyak juga yang mendengarkan hanya untuk berbasa-basi, agar dapat sekadar membalas percakapan.

Bangsa Israel sering kali gagal dalam mendengarkan firman Tuhan. Sekalipun Dia telah berulang kali mengutus nabi-nabi, mereka tetap saja abai. Mereka lebih peduli dengan diri sendiri dan berhala-berhala mereka. Mereka mengabaikan teguran dan peringatan. Maka hidup mereka pun melenceng dari firman Tuhan. Akibatnya, Allah mendisiplin mereka. Dia mengizinkan bangsa Babel menaklukkan mereka, mengangkut mereka sebagai tawanan ke Babel.

Tuhan Yesus juga kerap berkata, "Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!" Saat Dia mengajar, banyak orang mendengarkan-Nya, namun tidak sungguh-sungguh berusaha memahami. Akibatnya, mereka tidak memperoleh apa-apa. Kiranya kita belajar dari kesalahan dan kegagalan mereka. Mari mengasah keterampilan kita dalam mendengar. Mari belajar menyimak. Memberi hati dan memusatkan pikiran. Rela ditegur dan dikoreksi oleh firman Tuhan. Itulah yang membawa pembaruan dalam hidup kita, agar menjadi pribadi yang dikehendaki Allah. --HT/www.renunganharian.net
   
TELINGA YANG SUNGGUH MENDENGAR AKAN MENUNTUN KITA PADA JALAN TUHAN YANG BENAR.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/02/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/02/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?YESAYA+42:18-25

YESAYA 42:18-25

18  Dengarkanlah, hai orang-orang tuli pandanglah dan lihatlah, hai orang-orang buta!
19  Siapakah yang buta selain dari hamba-Ku, dan yang tuli seperti utusan yang Kusuruh? Siapakah yang buta seperti suruhan-Ku dan yang tuli seperti hamba TUHAN?
20  Engkau melihat banyak, tetapi tidak memperhatikan, engkau memasang telinga, tetapi tidak mendengar.
21  TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;
22  namun mereka suatu bangsa yang dijarah dan dirampok, mereka semua terjebak dalam geronggang-geronggang dan disembunyikan dalam rumah-rumah penjara; mereka telah menjadi jarahan dan tidak ada yang melepaskan, menjadi rampasan dan tidak ada yang berkata: "Kembalikanlah!"
23  Siapakah di antara kamu yang mau memasang telinga kepada hal ini, yang mau memperhatikan dan mendengarkannya untuk masa yang kemudian?
24  Siapakah yang menyerahkan Yakub untuk dirampas, dan Israel kepada penjarah? Bukankah itu TUHAN? Sebab kepada-Nya kita telah berdosa, dan orang tidak mau mengikuti jalan yang telah ditunjuk-Nya, dan kepada pengajaran-Nya orang tidak mau mendengar.
25  Maka Ia telah menumpahkan kepadanya kepanasan amarah-Nya dan peperangan yang hebat, yang menghanguskan dia dari sekeliling, tetapi ia tidak menginsafinya, dan yang membakar dia, tetapi ia tidak memperhatikannya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Bilangan+1-2
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Bilangan+1-2

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar