(e-SH) 18 Januari -- Matius 10:34-11:1 - Kasih yang Ditinggalkan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 18 Januari 2021
Ayat SH: Matius 10:34-11:1

Judul: Kasih yang Ditinggalkan

Talmud adalah catatan diskusi para rabi Yahudi. Di dalam Talmud, Rabi Nehorai mengatakan, "Di antara generasi ketika mesias datang, orang muda akan menghina orang tua, orang tua akan berdiri di hadapan orang muda untuk memberi hormat, anak-anak perempuan akan berdiri melawan ibunya, menantu perempuan akan melawan mertua perempuan."

Yesus secara jelas juga mengingatkan hal yang serupa kepada para murid. Ditinggalkan orang-orang yang dikasihi adalah realitas ketika seseorang percaya kepada Tuhan Yesus. Cinta kepada Yesus Kristus membuat seseorang rela ditinggalkan, dibuang, dan diasingkan sanak keluarganya (37). Setiap orang harus memikul salibnya (38). Orang-orang ini sepertinya telah kehilangan kehidupannya, tetapi bagi Kristus, justru orang-orang inilah yang memperoleh kehidupan (39).

Kehadiran orang-orang yang diutus oleh Tuhan Yesus dan ditolak oleh dunia diidentikkan dengan kehadiran-Nya. Tuhan berjanji memberkati orang-orang yang menerima dan menyambut orang-orang yang diutusnya. Tuhan menjanjikan upah bagi orang-orang yang bersedia menunjukkan keramahtamahan kepada orang-orang terbuang ini. Barangkali inilah yang dimaksud dengan ungkapan "Kerajaan Surga seperti harta terpendam dan mutiara berharga yang tidak dikenal orang."

Tuhan Yesus menghendaki agar para murid memiliki mentalitas setia. Artinya, setiap pengikut Tuhan Yesus siap ditinggalkan oleh orang-orang yang dikasihi karena beriman kepada Yesus. Sikap seperti ini tidak mudah dan berat untuk dilakukan. Pengikut seperti inilah yang mewakili kehadiran Yesus. Menerima dan menyambut pengikut Yesus sama dengan menerima dan menyambut Yesus sendiri.

Mari kita beranikan diri untuk hidup sebagai pengikut Yesus. Kita hidupi nilai Kerajaan Surga, yaitu kasih. Kita belajar untuk menerima penolakan dari orang yang kita kasihi. Kita juga harus siap dengan segala risiko pelayanan kita, berani mewartakan kasih Allah, dan berdoa agar orang-orang lebih mengenal Yesus. [JHN]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/01/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Matius+10:34-11:1
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+10:34-11:1

Matius 10:34-11:1

34  "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.
35  Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya,
36  dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.
37  Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.
38  Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.
39  Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.
40  Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.
41  Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.
42  Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya."
 1  Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar