(e-SH) 20 November -- Yesaya 30:18-26 - Tak Sabar untuk Berbuat Baik

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 20 November 2020
Ayat SH: Yesaya 30:18-26

Judul: Tak Sabar untuk Berbuat Baik

Apa yang sering membuat kita tidak sabar? Bagi orang tua, mungkin anak adalah jawabannya. Tingkah laku anak, baik saat masih kecil atau sudah besar, bisa jadi tidak seperti harapan. Akibatnya, hukuman pun diberikan. Dalam masa penghukuman itu, orang tua justru sering menjadi tidak sabar untuk segera mengakhirinya dan menunjukkan kasih sayangnya kembali.

Di dalam bacaan Alkitab hari ini, kita melihat bagaimana Allah ingin segera memulihkan kembali umat-Nya yang sedang dijatuhi hukuman karena pemberontakan mereka. Allah digambarkan sedang menanti-nanti pertobatan umat-Nya untuk menunjukkan belas kasihan. Kepada mereka yang berharap dan berseru kepada-Nya, Allah adalah Pribadi yang akan segera bertindak untuk menjawab seruan mereka (18-19).

Masa-masa berat yang Allah izinkan terjadi adalah untuk mengajarkan umat-Nya agar mereka tidak lagi memberontak kepada-Nya. Setelah masa itu lewat, Allah sendiri akan mendampingi umat-Nya untuk menuntun kepada jalan yang benar. Allah juga akan memberkati segala usaha yang mereka lakukan agar mereka tetap hidup dalam kelimpahan. Saat hari itu tiba, Allah akan tampil sebagai cahaya yang menerangi umat-Nya (20-21).

Memang betul Allahlah yang menghukum mereka dengan membuang mereka ke negeri asing. Sebab, Allah tak membiarkan kesalahan tanpa konsekuensi. Namun, pembuangan itu bukan karena Allah tidak lagi mengasihi umat-Nya. Justru karena kasih-Nya, Allah memproses mereka dalam pembuangan.

Pernahkah kita tidak sabar untuk berbuat baik? Allah sangat tidak sabar untuk menyelamatkan umat-Nya. Jika demikian, bukankah kita seharusnya merespons dengan tidak sabar juga untuk berbuat baik? Perbuatan baik tidak perlu ditunda-tunda. Selagi masih ada kesempatan, mari kita sigap dengan segera berbuat baik sebagai ungkapan syukur atas kebaikan Allah. Alih-alih tidak sabar karena kesalahan orang lain dan marah karenanya, marilah kita tidak sabar untuk berbuat baik sehingga dunia ini dipenuhi dengan kebaikan umat Allah. [KRS]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/11/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+30:18-26
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+30:18-26

Yesaya 30:18-26

18  Sebab itu TUHAN menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!
19  Sungguh, hai bangsa di Sion yang diam di Yerusalem, engkau tidak akan terus menangis. Tentulah Tuhan akan mengasihani engkau, apabila engkau berseru-seru; pada saat Ia mendengar teriakmu, Ia akan menjawab.
20  Dan walaupun Tuhan memberi kamu roti dan air serba sedikit, namun Pengajarmu tidak akan menyembunyikan diri lagi, tetapi matamu akan terus melihat Dia,
21  dan telingamu akan mendengar perkataan ini dari belakangmu: "Inilah jalan, berjalanlah mengikutinya," entah kamu menganan atau mengiri.
22  Engkau akan menganggap najis patung-patungmu yang disalut dengan perak atau yang dilapis dengan emas; engkau akan membuangnya seperti kain cemar sambil berkata kepadanya: "Keluar!"
23  Lalu TUHAN akan memberi hujan bagi benih yang baru kamu taburkan di ladangmu, dan dari hasil tanah itu kamu akan makan roti yang lezat dan berlimpah-limpah. Pada waktu itu ternakmu akan makan rumput di padang rumput yang luas;
24  sapi-sapi dan keledai-keledai yang mengerjakan tanah akan memakan makanan campuran yang sedap, yang sudah ditampi dan diayak.
25  Dari setiap gunung yang tinggi dan dari setiap bukit yang menjulang akan memancar sungai-sungai pada hari pembunuhan yang besar, apabila menara-menara runtuh.
26  Maka terang bulan purnama akan seperti terang matahari terik dan terang matahari terik akan tujuh kali ganda, yaitu seperti terangnya tujuh hari, pada waktu TUHAN membalut luka umat-Nya dan menyembuhkan bekas pukulan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar