(e-RH) 20 November -- Yohanes 21:15-19 - TUHAN MENGHAPUS MALU

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 20 November 2020
Bacaan : Yohanes 21:15-19
Setahun: Roma 4-7
Nats: Dan ia berkata kepada-Nya, "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya, "Peliharalah domba-domba-Ku." (Yohanes 21:17)

Renungan:

TUHAN MENGHAPUS MALU

Petrus adalah murid Yesus yang paling vokal. Spontanitasnya sangat menonjol. Ia berani melontarkan pernyataan yang bahkan ia sendiri tidak mengerti. Selain itu, Petrus juga menilai diri berlebih. Pada malam sebelum Yesus diserahkan, Yesus mengatakan kepada murid-murid-Nya bahwa iman mereka semua akan terguncang. Namun Petrus dengan penuh keyakinan mengatakan bahwa dirinya tidak akan terguncang. Yesus pun mengingatkan bahwa Petrus akan menyangkal diri-Nya tiga kali sebelum ayam berkokok (Mat. 26:33-34).

Tatkala Petrus menyangkal Yesus sebagaimana yang Yesus katakan, Petrus pun sangat sedih. Tentu ia merasa sangat berdosa. Juga malu karena telah mengkhianati guru yang dikasihinya. Sangat mungkin Petrus memandang dirinya sebagai pengecut dan pecundang. Rasa percaya dirinya runtuh. Namun ketika bangkit dari kematian, Yesus tidak menyoal kejatuhan Petrus. Sebaliknya, Yesus justru bertanya tiga kali seolah ingin menegaskan kasih Petrus kepada-Nya. Bahkan Yesus membebankan tugas mulia kepada Petrus untuk menggembalakan domba-Nya. Sekaligus memberitahu Petrus mengenai penderitaan yang bakal dialaminya.

Malu karena kejatuhan juga kita alami. Rasa malu itu menghalangi relasi kita dengan Tuhan. Namun Tuhan ingin agar kita sungguh-sungguh mengasihi-Nya. Dia mau memulihkan kita. Bahkan hendak memercayakan tugas yang lebih besar kepada kita. Marilah kita bertekad mengasihi Tuhan dan meninggalkan dosa kita. Agar kita leluasa melayani-Nya dalam kekudusan. --HEM/www.renunganharian.net

TUHAN TIDAK MEMBIARKAN KITA MALU KARENA TERJATUH, DIA MENGAMPUNI DAN MEMBERI KEPERCAYAAN LEBIH BESAR.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/11/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/11/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yohanes+21:15-19

Yohanes 21:15-19

15  Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
16  Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
17  Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.
18  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki."
19  Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Roma+4-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Roma+4-7

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar