(e-RH) 23 November -- Yakobus 3:1-12 - MENGECAP AIR PAHIT

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 23 November 2020
Bacaan : Yakobus 3:1-12
Setahun: Roma 14-16
Nats: Dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, Saudara-saudaraku, tidak boleh terjadi. (Yakobus 3:10)

Renungan:

MENGECAP AIR PAHIT

Saya pernah merasa tak nyaman ketika pada musim kemarau, mendadak air sumur mengeluarkan air yang agak keruh, dan jika dikecap terasa agak pahit. Sampai sekarang kami tak paham mengapa hal itu bisa terjadi. Karena terbiasa menikmati air jernih dan segar, kondisi itu tentu cukup mengganggu dan agak mengkhawatirkan. Puji Tuhan ketidaknyamanan itu tak berlangsung lama. Entah karena apa, mendadak air sumur itu kembali bersih, jernih, dan tidak pahit lagi!

Sejak semula Tuhan tidak mendesain mulut manusia untuk mengucapkan hal-hal yang jahat, memaki, berkata-kata kotor, atau mengutuki orang lain-ibarat sumber air yang mengeluarkan air yang pahit. Kita pun pastinya merasa tak nyaman, risih, bahkan marah jika menjadi sasaran dari perkataan semacam itu, bukan? Oleh karena itu, hendaknya kita pun perlu berhati-hati agar jangan sampai ucapan kita memahitkan hati orang yang mendengarnya. Sering-seringlah mengevaluasi apa yang kita dengar dan terima lewat mata dan telinga, karena semua itu akan masuk ke dalam hati, memengaruhi pikiran kita, lalu berbuah lewat ucapan kita. Isi perkataan kita adalah cerminan dari isi hati. Surat Yakobus juga menegaskan bahwa ibadah tanpa mengekang lidah akan menjadi sia-sia (Yak. 1:26).

Bagaimana dengan isi perkataan kita? Adakah kita cenderung mengucapkan perkataan yang memahitkan? Bagi kita yang masih bergumul dengan perkataan, mintalah Roh-Nya menolong kita supaya perkataan kita menjadi seperti air yang menyegarkan dan memberi kehidupan, bukan yang memahitkan! --GHJ/www.renunganharian.net

PERKATAAN YANG MEMAHITKAN TAKKAN PERNAH JADI BERKAT BAGI YANG MENDENGARNYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/11/23/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/11/23/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yakobus+3:1-12

Yakobus 3:1-12

 1  Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
 2  Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
 3  Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
 4  Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi.
 5  Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.
 6  Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
 7  Semua jenis binatang liar, burung-burung, serta binatang-binatang menjalar dan binatang-binatang laut dapat dijinakkan dan telah dijinakkan oleh sifat manusia,
 8  tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan.
 9  Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah,
10  dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.
11  Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama?
12  Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Roma+14-16
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Roma+14-16

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar