(e-RH) 9 September -- Yesaya 43:1-7 - MENJALANI PEMBENTUKAN ALLAH

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 9 September 2020
Bacaan : Yesaya 43:1-7
Setahun: Yehezkiel 29-32
Nats: Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku." (Yesaya 43:1)

Renungan:

MENJALANI PEMBENTUKAN ALLAH

Pernahkah kita melihat proses pembentukan kerajinan yang terbuat dari tanah liat? Sungguh rumit dan mungkin bisa dibilang melelahkan, seandainya tanah liat dapat berbicara. Namun, ketika kerajinan yang dibuat sudah jadi, orang akan mendapat manfaat dari hasil pembentukan yang telah dijalani oleh tanah liat, seperti keinginan dari si pembuatnya.

Firman hari ini menyebut kata "Yakub" dan "Israel", dua nama yang berbeda tetapi merujuk pada orang yang sama. Allah yang menciptakan Yakub, membentuk hidupnya sedemikian rupa hingga namanya disebut "Israel", usai Yakub menang atas pergulatan di tepi sungai Yabok. Proses pembentukan yang tidak mudah karena Yakub harus melarikan diri dari rumahnya, menghindari Esau yang sempat berniat membunuhnya, bahkan sempat ditipu berkali-kali oleh Laban, pamannya sendiri, tetapi akhirnya pembentukan Allah terjadi atas hidupnya. Kini, berawal dari pergulatan di tepi sungai Yabok (Kej. 32:22-32), nama "Israel" bahkan masih eksis hingga saat ini dengan menjadi nama sebuah negara.

Pembentukan memang tidak pernah menyenangkan. Terlebih kita juga tak tahu berapa lama waktunya, menurut perhitungan dan cara pandang Allah. Namun, ketika proses pembentukan itu selesai, kita dapat pastikan bahwa hasilnya pasti baik. Hidup kita pun dapat memuliakan nama-Nya (ay. 7), seperti proses pembentukan yang Allah lakukan pada Yakub, hingga kepadanya disematkan nama baru. Maukah kita merelakan diri dibentuk oleh tangan Tuhan yang ajaib, supaya kelak hidup kita memuliakan nama-Nya? --GHJ/www.renunganharian.net

PEMBENTUKAN TAK PERNAH MENYENANGKAN, TETAPI HASILNYA BAIK BAGI KEHIDUPAN KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/09/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/09/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+43:1-7

Yesaya 43:1-7

 1  Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.
 2  Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.
 3  Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.
 4  Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.
 5  Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau, Aku akan mendatangkan anak cucumu dari timur, dan Aku akan menghimpun engkau dari barat.
 6  Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi,
 7  semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+29-32
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+29-32

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar