(e-RH) 28 Juni -- Hakim-hakim 16:22-31 - TERLENA

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 28 Juni 2020
Bacaan : Hakim-hakim 16:22-31
Setahun: Mazmur 18-22
Nats: Tetapi rambutnya mulai tumbuh pula sesudah dicukur. (Hakim-hakim 16:22)

Renungan:

TERLENA

Ketika sepertinya kemenangan akan segera diperoleh, seorang pebulu tangkis dapat menjadi terlena dan memandang enteng lawannya. Akhirnya tidak jarang justru lawannya dapat mengejar angka dan mengalahkannya. Sangat disayangkan bahwa kemenangan di depan mata justru berujung pada kekalahan.

Orang Filistin telah mencukur rambut di kepala Simson, menangkap, dan bahkan mencungkil kedua matanya. Musuh yang merusak tanah orang Filistin dan membunuh banyak orang Filistin telah dikalahkan dan tidak berdaya. Orang Filistin sudah merasa menang. Tidak ada lagi yang perlu ditakuti dari Simson yang sudah tidak berdaya.

Tetapi mereka lupa, bahwa rambut di kepala Simson mulai tumbuh kembali, dan sesungguhnya kekuatan Simson berasal dari Tuhan yang memilihnya, bukan dari dirinya sendiri. Ketika ada perayaan kepada Dagon, allah orang Filistin, di dalam kegembiraan, mereka memanggil Simson untuk melawak. Simson dituntun dan ditempatkan di antara tiang-tiang penyangga bangunan. Dalam penyesalannya dan kesadaran akan panggilannya, ia memohon kekuatan sekali lagi agar dapat merobohkan bangunan dan membunuh orang Filistin di dalamnya, dan Tuhan mengabulkan. Dalam kegembiraan, banyak orang Filistin mati karena mereka menganggap Simson sudah tidak berdaya.

Sering kali kita mengalami masa di mana bisnis, studi, dan pekerjaan berjalan lancar tanpa ada tanda-tanda kegagalan di depan. Marilah kita tidak menjadi malas dan terlena, tetapi tetap selalu berdoa dan berjaga-jaga, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan. Dialah yang selalu menyertai kita. --ANT/www.renunganharian.net
   
TETAPLAH BERDOA DAN BERJAGA-JAGA SEKALIPUN SEGALA SESUATU BERJALAN DENGAN LANCAR.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/06/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/06/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Hakim-hakim+16:22-31

Hakim-hakim 16:22-31

22  Tetapi rambutnya mulai tumbuh pula sesudah dicukur.
23  Sesudah itu berkumpullah raja-raja kota orang Filistin untuk mengadakan perayaan korban sembelihan yang besar kepada Dagon, allah mereka, dan untuk bersukaria; kata mereka: "Telah diserahkan oleh allah kita ke dalam tangan kita Simson, musuh kita."
24  Dan ketika orang banyak melihat Simson, mereka memuji allah mereka, sambil berseru: "Telah diserahkan oleh allah kita ke dalam tangan kita musuh kita, perusak tanah kita, dan yang membunuh banyak teman kita."
25  Ketika hati mereka riang gembira, berkatalah mereka: "Panggillah Simson untuk melawak bagi kita." Simson dipanggil dari penjara, lalu ia melawak di depan mereka, kemudian mereka menyuruh dia berdiri di antara tiang-tiang.
26  Berkatalah Simson kepada anak yang menuntun dia: "Lepaskan aku dan biarkanlah aku meraba-raba tiang-tiang penyangga rumah ini, supaya aku dapat bersandar padanya."
27  Adapun gedung itu penuh dengan laki-laki dan perempuan; segala raja kota orang Filistin ada di sana, dan di atas sotoh ada kira-kira tiga ribu orang laki-laki dan perempuan, yang menonton lawak Simson itu.
28  Berserulah Simson kepada TUHAN, katanya: "Ya Tuhan ALLAH, ingatlah kiranya kepadaku dan buatlah aku kuat, sekali ini saja, ya Allah, supaya dengan satu pembalasan juga kubalaskan kedua mataku itu kepada orang Filistin."
29  Kemudian Simson merangkul kedua tiang yang paling tengah, penyangga rumah itu, lalu bertopang kepada tiang yang satu dengan tangan kanannya dan kepada tiang yang lain dengan tangan kirinya.
30  Berkatalah Simson: "Biarlah kiranya aku mati bersama-sama orang Filistin ini." Lalu membungkuklah ia sekuat-kuatnya, maka rubuhlah rumah itu menimpa raja-raja kota itu dan seluruh orang banyak yang ada di dalamnya. Yang mati dibunuhnya pada waktu matinya itu lebih banyak dari pada yang dibunuhnya pada waktu hidupnya.
31  Sesudah itu datanglah ke sana saudara-saudaranya dan seluruh keluarganya, mereka mengangkat dia dan membawanya dari sana, lalu menguburkannya di antara Zora dan Esytaol di dalam kubur Manoah, ayahnya. Dia memerintah sebagai hakim atas orang Israel dua puluh tahun lamanya.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+18-22
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+18-22

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar