(e-SH) 18 Mei -- (e-SH) 18 Mei -- Bilangan 21:31-22:1 - Tantangan Lagi? (Bagian 2)

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 18 Mei 2020
Ayat SH: Bilangan 21:31-22:1

Judul: Tantangan Lagi? (Bagian 2)

Setelah mengalahkan Sihon, raja Amori, mungkin bangsa Israel berharap tidak terjadi perang lagi. Kenyataannya, mereka harus berhadapan dengan kerajaan Basan yang lebih kuat dari kerajaan Sihon.

Og, raja Basan, adalah sisa keturunan raksasa dari Refaim (Ul. 3:11). Informasi tentang berapa besar tubuh Raja Og bisa dilihat dari ukuran tempat tidurnya, yaitu 9 hasta panjangnya dan 4 hasta lebarnya. Itu artinya tinggi Raja Og bisa mencapai 2, 5 m. Tidak heran apabila bangsa Israel takut dan gemetar harus berperang melawan pasukan Basan di Edrei (33). Belum lagi ditambah perjalanan di padang gurun yang sangat melelahkan. Semua itu membuat beban yang harus mereka pikul semakin berat.

Mungkinkah bangsa Israel memenangkan peperangan tersebut? Pada saat yang menegangkan dan menakutkan seperti itu, sekali lagi Tuhan menunjukkan kesetiaan-Nya kepada bangsa Israel. Melalui Musa, Tuhan menguatkan umat-Nya untuk tidak takut dan meyakinkan mereka bahwa Ia telah menyerahkan Raja Og, seluruh rakyatnya, dan negerinya ke tangan bangsa Israel (34). Pernyataan Tuhan menjadi jaminan pasti bahwa Ia bukan hanya menuntun umat-Nya menuju Tanah Perjanjian, tetapi juga akan turut berperang melawan setiap bangsa dan kerajaan yang menghalangi rencana-Nya.

Ketika badai kehidupan datang, sering kali hati kecil kita bertanya-tanya, "Sanggupkah aku menghadapi badai kehidupan ini?" Ketakutan dan keraguan menghinggapi hati dan pikiran. Seolah-olah kita berjalan sendiri. Kita lupa bahwa Tuhan adalah sumber keselamatan dan perlindungan kita. Ia adalah kekuatan dan perisai kita. Bahaya apa pun yang menyerang, kita tetap aman di dalam naungan Tuhan.

Ia sanggup membawa kita keluar dari masalah kehidupan. Ingatlah, Ia setia dan tidak pernah meninggalkan umat-Nya. Berdirilah teguh dan setialah kepada Allah yang senantiasa menyertai. Sebesar apa pun tantangan yang menghadang, kesetiaan-Nya sungguh terbukti di dalam kehidupan umat-Nya. [RUD]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/05/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Bilangan+21:31-22:1
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Bilangan+21:31-22:1

Bilangan 21:31-22:1

31  Demikianlah orang Israel diam di negeri orang Amori.
32  Setelah Musa menyuruh orang mengintai kota Yaezer, mereka merebut segala anak kota Yaezer dan menghalau orang-orang Amori yang ada di situ.
33  Kemudian berpalinglah mereka dan maju ke arah Basan. Lalu Og, raja Basan, beserta segala rakyatnya maju ke Edrei menjumpai mereka untuk berperang.
34  Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Janganlah takut kepadanya, sebab Aku menyerahkan dia dengan seluruh rakyatnya dan negerinya ke dalam tanganmu, dan haruslah kaulakukan kepadanya seperti yang kaulakukan kepada Sihon, raja orang Amori, yang diam di Hesybon."
35  Maka mereka mengalahkan dia dan anak-anaknya dan seluruh rakyatnya, sehingga seorangpun dari mereka tidak ada yang dibiarkan terlepas; lalu mereka menduduki negerinya.
 1  Kemudian berangkatlah orang Israel, dan berkemah di dataran Moab, di daerah seberang sungai Yordan dekat Yerikho.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar