(e-RH) 17 Mei -- (e-RH) 17 Mei -- Yakobus 1:19-27 - CERMIN DIRI

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 17 Mei 2020
Bacaan : Yakobus 1:19-27
Setahun: 1 Tawarikh 17-20
Nats: Tetapi siapa yang meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar lalu melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya. (Yakobus 1:25)

Renungan:

CERMIN DIRI

Menurut sebuah penelitian, rata-rata orang bercermin sebanyak 8 hingga 10 kali dalam satu hari. Bahkan konon ada orang-orang yang memandang cermin hingga lebih dari 60 kali! Itu termasuk saat mereka melirik secara sekilas untuk melihat bayangan tubuhnya saat mereka berada di sebuah pertokoan atau saat mereka bercermin menggunakan layar ponselnya. Kita bercermin dengan tujuan untuk memeriksa penampilan kita. Jika kita melihat ada yang salah dengan penampilan kita, kita pasti akan memperbaikinya.

Rasul Yakobus mengibaratkan seseorang yang sedang mendengarkan firman Tuhan namun tanpa pernah melakukannya itu seperti orang yang sedang berdiri di depan cermin tapi melupakan apa yang baru saja dilihatnya. Pernyataan ini juga hendak mengingatkan sebuah kebenaran yang hakiki bahwa sudah seharusnya kita dengan sungguh-sungguh mencermati dan meneliti firman Tuhan itu dan kemudian tidak begitu saja melupakannya. Apa yang kita peroleh dari firman Tuhan hendaknya dibarengi dengan sebuah tindakan nyata yang menunjukkan bahwa kita mengingat dan meyakini kebenaran itu. Tidak hanya mendengar untuk melupakan, tetapi mengingat dan melakukannya.

Seperti cermin membantu untuk menunjukkan apa yang salah dari penampilan kita, marilah menguji hati kita. Apakah setiap kebenaran firman Tuhan yang kita dengar dan baca selalu mendorong kita untuk memperbaiki diri agar hidup kita semakin sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya? Atau sebaliknya, kebenaran itu tidak berdampak apa pun karena kita terus melupakannya? --SYS/www.renunganharian.net
   
SEPERTI YANG TERTULIS DALAM ALKITAB, ALLAH INGIN KITA HIDUP SEPERTI APA YANG DITULIS ALLAH ITU.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/05/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/05/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yakobus+1:19-27

Yakobus 1:19-27

19  Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;
20  sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.
21  Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
22  Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
23  Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin.
24  Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.
25  Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.
26  Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya.
27  Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+17-20
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+17-20

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar