(e-RH) 9 Februari -- 1 Samuel 15:1-3, 24-31 - AKU BERDOSA, TETAPI ...

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 9 Februari 2020
Bacaan : 1 Samuel 15:1-3, 24-31
Setahun: Imamat 22-23
Nats: Tetapi kata Saul: "Aku telah berdosa; tetapi tunjukkanlah juga hormatmu kepadaku sekarang di depan para tua-tua bangsaku dan di depan orang Israel. Kembalilah bersama-sama dengan aku, maka aku akan sujud menyembah kepada TUHAN, Allahmu." (1 Samuel 15:30)

Renungan:

AKU BERDOSA, TETAPI ...

Semua orang pasti pernah melakukan dosa atau kesalahan. Tetapi ketika mereka menyadari telah berbuat dosa, ada beragam respons yang mungkin muncul. Ada yang mencari kambing hitam alias menyalahkan orang lain. Ada yang menyesali diri dan mengakhiri hidup dalam keputusasaan. Ada yang mengakuinya dan bertobat di hadapan Tuhan-tentu ini adalah yang terbaik. Namun ada juga yang ingin terlihat seolah-olah telah bertobat, padahal sebenarnya tidak demikian.

Raja Saul diperintahkan Tuhan untuk menumpas habis bangsa Amalek, baik orang-orangnya maupun ternaknya. Itu sebagai hukuman atas dosa mereka yang menghalang-halangi bangsa Israel ketika mereka keluar dari Mesir menuju Kanaan. Tetapi atas desakan para prajuritnya, Saul membiarkan raja Amalek hidup serta menyisakan hewan-hewan terbaik untuk dijadikan korban dalam ibadah mereka. Akibatnya, Tuhan menyatakan bahwa Dia telah menolak Saul sebagai raja, karena ia lebih takut kepada manusia daripada kepada-Nya.

Mendengar teguran Samuel, Saul mengakui dosanya. Tetapi ia tidak menyesalinya. Baginya, penghormatan dari manusia lebih penting. Karena itulah ia mendesak Samuel untuk tetap mendampinginya, agar para tua-tua dan umat Israel tetap loyal dan menghormatinya sebagai raja (ay. 30). Ketidaktaatan Saul kepada Tuhan itu terus berlanjut hingga akhir hidupnya. Dan tentu saja, ada akibat yang harus ditanggungnya. Kiranya kita tidak mengikuti jejaknya saat melakukan dosa, melainkan dengan tulus mengakuinya dan berpaling kepada Tuhan. --HT/www.renunganharian.net
   
PERTOBATAN SEJATI IALAH MENGAKU DOSA DAN MERENDAHKAN DIRI DI HADAPAN ALLAH TANPA MENCARI HORMAT DARI MANUSIA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/02/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/02/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Samuel+15:1-3,+24-31

1 Samuel 15:1-3, 24-31

 1  Berkatalah Samuel kepada Saul: "Aku telah diutus oleh TUHAN untuk mengurapi engkau menjadi raja atas Israel, umat-Nya; oleh sebab itu, dengarkanlah bunyi firman TUHAN.
 2  Beginilah firman TUHAN semesta alam: Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel, karena orang Amalek menghalang-halangi mereka, ketika orang Israel pergi dari Mesir.
 3  Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai."
24  Berkatalah Saul kepada Samuel: "Aku telah berdosa, sebab telah kulangkahi titah TUHAN dan perkataanmu; tetapi aku takut kepada rakyat, karena itu aku mengabulkan permintaan mereka.
25  Maka sekarang, ampunilah kiranya dosaku; kembalilah bersama-sama dengan aku, maka aku akan sujud menyembah kepada TUHAN."
26  Tetapi jawab Samuel kepada Saul: "Aku tidak akan kembali bersama-sama dengan engkau, sebab engkau telah menolak firman TUHAN; sebab itu TUHAN telah menolak engkau, sebagai raja atas Israel."
27  Ketika Samuel berpaling hendak pergi, maka Saul memegang punca jubah Samuel, tetapi terkoyak.
28  Kemudian berkatalah Samuel kepadanya: "TUHAN telah mengoyakkan dari padamu jabatan raja atas Israel pada hari ini dan telah memberikannya kepada orang lain yang lebih baik dari padamu.
29  Lagi Sang Mulia dari Israel tidak berdusta dan Ia tidak tahu menyesal; sebab Ia bukan manusia yang harus menyesal."
30  Tetapi kata Saul: "Aku telah berdosa; tetapi tunjukkanlah juga hormatmu kepadaku sekarang di depan para tua-tua bangsaku dan di depan orang Israel. Kembalilah bersama-sama dengan aku, maka aku akan sujud menyembah kepada TUHAN, Allahmu."
31  Sesudah itu kembalilah Samuel mengikuti Saul. Dan Saul sujud menyembah kepada TUHAN.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Imamat+22-23
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Imamat+22-23

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar