(e-SH) 6 Mei -- 1 Korintus 16:10-18 - Permintaan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 6 Mei 2019
Ayat SH: 1 Korintus 16:10-18

Judul: Permintaan

Setiap orang pasti pernah mempunyai permintaan. Hal ini manusiawi, wajar, dan mungkin akan berlangsung sepanjang umur hidup manusia. Terlebih, kita akan mengkhususkan permintaan seseorang yang akan menjemput ajalnya. Sifat dari permohonan ini adalah penting. Orang biasa menyebut permintaan terakhir ini sebagai wasiat.

Rasul Paulus mempunyai permintaan kepada Jemaat di Korintus. Pertama, ia meminta agar warga jemaat Korintus bersedia menerima para pemberita Injil yang akan datang kepada mereka. Bukan sekadar menerima, Rasul Paulus memohon agar mereka diperlakukan dengan ramah.

Rasul Paulus meminta kepada mereka agar menerima Timotius tanpa ia merasa takut. Mereka harus menghargai Timotius. Mereka juga diminta untuk menerima Stefanus, Fortunatus, dan Akhaikus. Selain itu, Rasul Paulus juga meminta agar mereka tetap berjaga-jaga dan teguh dalam iman.

Sekilas, permintaan itu tampak biasa. Namun, jika dicermati, permintaan Rasul Paulus bukan sekadar permintaan biasa. Rasul Paulus tahu betul apa permintaannya. Ia juga tahu betul bahwa warga jemaat Korintus dapat memenuhi permintaannya.

Dari kisah ini, kita dapat belajar satu hal. Ketika meminta sesuatu, kepada siapa pun, kita harus tahu apa yang kita minta, tidak asal meminta. Mengetahui apa yang akan kita minta menjadikan permintaan kita jelas. Sikap ini juga menghindarkan kita dari sikap meminta-minta. "Tidak adil untuk meminta kepada orang lain apa yang tidak ingin Anda lakukan sendiri, " kata Eleanor Roosevelt, istri dari Presiden Amerika Serikat, Franklin Delano Roosevelt (1882-1945). Kita harus adil sejak dalam pikiran ketika mengajukan permintaan kepada orang lain.

Pada sisi lain, ketika ada orang yang meminta kepada kita, pertimbangkanlah permintaannya. Sedapat-dapatnya, kita wajib melakukan apa yang mereka minta dengan baik.

Doa: Tuhan, berikanlah hikmat-Mu untuk meminta dan kekuatan untuk menjawab permintaan-Mu. [JCP]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2019/05/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Korintus+16:10-18
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Korintus+16:10-18

1 Korintus 16:10-18

10  Jika Timotius datang kepadamu, usahakanlah supaya ia berada di tengah-tengah kamu tanpa takut, sebab ia mengerjakan pekerjaan Tuhan, sama seperti aku.
11  Jadi, janganlah ada orang yang menganggapnya rendah! Tetapi tolonglah dia, supaya ia melanjutkan perjalanannya dengan selamat, agar ia datang kembali kepadaku, sebab aku di sini menunggu kedatangannya bersama-sama dengan saudara-saudara yang lain.
12  Tentang saudara Apolos: telah berulang-ulang aku mendesaknya untuk bersama-sama dengan saudara-saudara lain mengunjungi kamu, tetapi ia sama sekali tidak mau datang sekarang. Kalau ada kesempatan baik nanti, ia akan datang.
13  Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!
14  Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!
15  Ada suatu permintaan lagi kepadamu, saudara-saudara. Kamu tahu, bahwa Stefanus dan keluarganya adalah orang-orang yang pertama-tama bertobat di Akhaya, dan bahwa mereka telah mengabdikan diri kepada pelayanan orang-orang kudus.
16  Karena itu taatilah orang-orang yang demikian dan setiap orang yang turut bekerja dan berjerih payah.
17  Aku bergembira atas kedatangan Stefanus, Fortunatus dan Akhaikus, karena mereka melengkapi apa yang masih kurang padamu;
18  karena mereka menyegarkan rohku dan roh kamu. Hargailah orang-orang yang demikian!


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar