(e-RH) 6 Mei -- 3 Yohanes 1:5-12 - JANGAN MENIRU YANG JAHAT

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 6 Mei 2019
Bacaan : 3 Yohanes 1:5-12
Setahun: 2 Raja-raja 14-15
Nats: Saudaraku yang terkasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Siapa yang berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi siapa yang berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah. (3 Yohanes 1:11)

Renungan:

JANGAN MENIRU YANG JAHAT

Ada banyak orang berkata bahwa zaman ini sudah terbalik. Apa yang baik dikatakan jahat. Orang pun tak lagi segan berbuat jahat atau merugikan sesamanya. Para remaja yang tertangkap melakukan kejahatan atau merugikan orang lain, terkadang dengan mudahnya berkata, "Saya hanya meniru apa yang saya lihat di televisi atau video." Sungguh miris! Sebagai anak Tuhan, hendaknya kita waspada supaya tidak meniru perbuatan anak-anak dunia yang mendukakan hati Tuhan.

Ungkapan "meniru yang jahat" dalam nas hari ini dalam bahasa Yunani berarti menduplikasi sifat alamiah yang jahat, atau melakukan hal-hal yang merugikan, merusak dan memalukan. Berdasarkan pengertian ini, kita memahami bahwa seharusnya orang percaya menjaga hidupnya dari segala macam perbuatan yang merugikan, merusak, dan memalukan. Sebagai gantinya, kita belajar melakukan hal-hal yang baik, membangun, menguntungkan, terhormat, menjadi berkat dan memuliakan nama Tuhan. Hal-hal tersebut yang tak dapat kita upayakan dengan kekuatan sendiri, tetapi hanya oleh pertolongan Roh Kudus yang bekerja terus-menerus dalam hati dan seluruh aspek kehidupan kita. Ya, mustahil tanpa pertolongan Roh Kudus, sifat alamiah kita yang dipengaruhi oleh dosa dapat berubah.

Apakah kita masih gemar melakukan hal-hal yang merugikan, merusak dan memalukan? Sekiranya masih, ini waktu yang tepat untuk berhenti sebelum terlambat dan berbuah penyesalan. Mari berubah dan mulai lakukan hal-hal yang baik, supaya nama Tuhan dimuliakan dan perkenan-Nya turun atas hidup kita. --GHJ/www.renunganharian.net
   
MELAKUKAN KEJAHATAN DAN KEBAIKAN SAMA-SAMA MENGANDUNG KONSEKUENSI. MANA YANG KITA PILIH?

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/05/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2019/05/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?3+Yohanes+1:5-12

3 Yohanes 1:5-12

 5  Saudaraku yang kekasih, engkau bertindak sebagai orang percaya, di mana engkau berbuat segala sesuatu untuk saudara-saudara, sekalipun mereka adalah orang-orang asing.
 6  Mereka telah memberi kesaksian di hadapan jemaat tentang kasihmu. Baik benar perbuatanmu, jikalau engkau menolong mereka dalam perjalanan mereka, dengan suatu cara yang berkenan kepada Allah.
 7  Sebab karena nama-Nya mereka telah berangkat dengan tidak menerima sesuatupun dari orang-orang yang tidak mengenal Allah.
 8  Kita wajib menerima orang-orang yang demikian, supaya kita boleh mengambil bagian dalam pekerjaan mereka untuk kebenaran.
 9  Aku telah menulis sedikit kepada jemaat, tetapi Diotrefes yang ingin menjadi orang terkemuka di antara mereka, tidak mau mengakui kami.
10  Karena itu, apabila aku datang, aku akan meminta perhatian atas segala perbuatan yang telah dilakukannya, sebab ia meleter melontarkan kata-kata yang kasar terhadap kami; dan belum merasa puas dengan itu, ia sendiri bukan saja tidak mau menerima saudara-saudara yang datang, tetapi juga mencegah orang-orang, yang mau menerima mereka dan mengucilkan orang-orang itu dari jemaat.
11  Saudaraku yang kekasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Barangsiapa berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi barangsiapa berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah.
12  Tentang Demetrius semua orang memberi kesaksian yang baik, malah kebenaran sendiri memberi kesaksian yang demikian. Dan kami juga memberi kesaksian yang baik tentang dia, dan engkau tahu, bahwa kesaksian kami adalah benar.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?2+Raja-raja+14-15
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Raja-raja+14-15

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2019 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar