(e-SH) 29 Mei -- Keluaran 35:30-36:7 - Karuniamu Bagiku Kuberikan Kepadamu

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 29 Mei 2019
Ayat SH: Keluaran 35:30-36:7

Judul: Karuniamu Bagiku Kuberikan Kepadamu

Ada pepatah mengatakan, "Tak ada gading yang tak retak." Tak ada manusia sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Semua kemampuan, kepandaian, dan keahlian khusus kita adalah anugerah-Nya semata. Namun, apabila kita tidak mengasah dan mengembangkannya, semua itu akan sia-sia. Itu hanya menjadi bakat terpendam karena jarang digunakan. Allah memberi dan kita menerima Maka, sebagai wujud tanggung jawab, kita wajib mengembangkan pemberian khusus dari Allah.

Dalam nas hari ini, Musa memperkenalkan Bezaleel dan Aholiab kepada umat Israel. Mereka adalah ahli-ahli bangunan pilihan Allah yang diurapi-Nya secara khusus (31- 35). Kedua orang itu dipenuhi Roh Allah dengan keahlian, pengertian, dan pengetahuan. Semua itu digunakan untuk pekerjaan mendirikan Kemah Suci dan membuat segala perabotan di dalamnya.

Bukan hanya itu saja, kemampuan tersebut juga harus disalurkan dengan mengajarkannya kepada orang lain, sehingga ada banyak orang bisa terlibat dalam pembangunan Kemah Suci. Artinya, keterampilan itu bukan hanya untuk mereka sendiri. Mereka juga mesti membagikan keahlian, kemampuan, dan kepandaiannya kepada orang lain.

Coba lihat pelayanan di sekitar kita. Tentu ada banyak pelayanan yang memerlukan dukungan anak-anak Allah. Allah telah memberikan anugerah kemampuan dan keahlian. Oleh karena itu, kita harus serius menggumuli apa dan di mana ladang pelayanan kita. Kemudian, kita mesti berkomitmen pada hasil pergumulan itu.

Sekarang, mari kita melihat diri sendiri? Apa kemampuan dan keahlian kita? Adakah talenta khusus yang Allah berikan kepada kita? Jika sudah menemukannya, jangan ragu untuk menggunakan dan mempersembahkannya demi pelayanan bagi Allah. Dengan segala kekurangan yang ada, Allah akan menyempurnakan pelayanan kita.

Doa: Tuhan, terima kasih untuk karunia-Mu, yaitu kemampuan dan keahlian yang telah Engkau berikan. Pakai dan perlengkapilah kami terus. [YNB]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2019/05/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+35:30-36:7
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Keluaran+35:30-36:7

Keluaran 35:30-36:7

30  Berkatalah Musa kepada orang Israel: "Lihatlah, TUHAN telah menunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda,
31  dan telah memenuhinya dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,
32  yakni untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga;
33  untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan yang dirancang itu.
34  Dan TUHAN menanam dalam hatinya, dan dalam hati Aholiab bin Ahisamakh dari suku Dan, kepandaian untuk mengajar.
35  Ia telah memenuhi mereka dengan keahlian, untuk membuat segala macam pekerjaan seorang tukang, pekerjaan seorang ahli, pekerjaan seorang yang membuat tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus, dan pekerjaan seorang tukang tenun, yakni sebagai pelaksana segala macam pekerjaan dan perancang segala sesuatu.
 1  Demikianlah harus bekerja Bezaleel dan Aholiab, dan setiap orang yang ahli, yang telah dikaruniai TUHAN keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan tempat kudus, tepat menurut yang diperintahkan TUHAN."
 2  Lalu Musa memanggil Bezaleel dan Aholiab dan setiap orang yang ahli, yang dalam hatinya telah ditanam TUHAN keahlian, setiap orang yang tergerak hatinya untuk datang melakukan pekerjaan itu.
 3  Mereka menerima dari pada Musa seluruh persembahan khusus, yang telah dibawa oleh orang Israel untuk melaksanakan pekerjaan mendirikan tempat kudus. Tetapi orang Israel itu masih terus membawa pemberian sukarela kepada Musa tiap-tiap pagi.
 4  Dan segala orang ahli yang melakukan seluruh pekerjaan untuk tempat kudus itu, datanglah masing-masing dari pekerjaan yang dilakukannya,
 5  dan berkata kepada Musa: "Rakyat membawa lebih banyak dari yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan TUHAN untuk dilakukan."
 6  Lalu Musa memerintahkan, supaya dimaklumkan di mana-mana di perkemahan itu, demikian: "Tidak usah lagi ada orang laki-laki atau perempuan yang membuat sesuatu menjadi persembahan khusus bagi tempat kudus." Demikianlah rakyat itu dicegah membawa persembahan lagi.
 7  Sebab bahan yang diperlukan mereka telah cukup untuk melakukan segala pekerjaan itu, bahkan berlebih.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar