(e-RH) 29 Mei -- Roma 5:1-11 - TAK PERNAH TERLELAP

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 29 Mei 2019
Bacaan : Roma 5:1-11
Setahun: 2 Tawarikh 28-30
Nats: Di dalam anugerah ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah. (Roma 5:2)

Renungan:

TAK PERNAH TERLELAP

Satu hal yang patut disimak dari sosok Robert Wolter Mongisidi, pahlawan yang gugur dalam usia muda, adalah semangat pantang menyerah saat berjuang demi kemerdekaan tanah air. Hal itu terungkap melalui pernyataan yang ditulisnya ketika ia jatuh ke tangan penjajah, "Jika jatuh sembilan kali, bangunlah 10 kali, jika tidak bisa bangun berusahalah untuk duduk dan berserah pada Tuhan."

Pernyataan Mongisidi juga dapat dimaknai sebagai sikap berserah kepada Tuhan. Sikap tersebut berangkat dari keyakinan dirinya, bahwa Tuhan sanggup membebaskan bangsanya dari tangan penjajah. Keyakinan itulah yang melahirkan pengharapan dalam diri Mongisidi, sehingga ia tekun menanggung segala penderitaan. Ia memilih untuk tidak menyerah dan tetap melanjutkan perjuangan hingga rentetan tembakan memungkasi hidupnya.

Kekristenan pada dasarnya juga berbicara tentang totalitas penyerahan hidup yang bertolak dari pengharapan akan menerima kemuliaan Allah (ay. 2). Pengharapan inilah yang menjadikan seorang pengikut Kristus tidak mengenal kata menyerah dalam menjalani hidup. Sebab, pengharapan tersebut menimbulkan ketekunan dalam menanggung penderitaan (ay. 3) dan menjadikan dirinya sebagai pribadi yang tahan uji (ay. 4).

Seorang pengikut Kristus yang tahan uji menjadikan kemuliaan Tuhan sebagai bagian dari pengharapan sepanjang hidupnya. Pengharapan tersebut bagaikan a waking dream, mimpi yang tidak pernah terlelap, seperti yang pernah diungkapkan oleh Aristoteles. Ia menanti hingga kemuliaan Tuhan menjelma menjadi kenyataan dalam hidupnya. --EML/www.renunganharian.net
   
MENERIMA KEMULIAAN TUHAN ADALAH HARAPAN YANG TIDAK PERNAH TERLELAP DALAM DIRI ORANG PERCAYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/05/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2019/05/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Roma+5:1-11

Roma 5:1-11

 1  Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.
 2  Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.
 3  Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,
 4  dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
 5  Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.
 6  Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah.
 7  Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar--tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati--.
 8  Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.
 9  Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.
10  Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!
11  Dan bukan hanya itu saja! Kita malah bermegah dalam Allah oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, sebab oleh Dia kita telah menerima pendamaian itu.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?2+Tawarikh+28-30
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Tawarikh+28-30

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2019 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar