(e-SH) 10 September -- Kisah Para Rasul 13:4-12 - Berani Pasang Badan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 10 September 2018
Ayat SH: Kisah Para Rasul 13:4-12

Judul: Berani Pasang Badan

Berani betul Paulus menghardik Baryesus dan menyebutnya sebagai anak Iblis dan penipu. Kata-kata keras tersebut tidak ditujukan kepada seorang gelandangan tak berdaya, tetapi juga kepada orang "berilmu" dan punya pengaruh sosial.

Kita tahu bahwa Baryesus adalah tukang sihir yang terkenal dan dekat dengan gubernur Siprus, yaitu Sergius Paulus. Itu berarti dia mempunyai "kuasa" untuk menekan orang yang tidak disukainya. Walau begitu, Paulus tidak gentar. Ketika Baryesus berusaha menghalangi pertemuannya dengan Gubernur Siprus, Paulus menegur tukang sihir itu dan menghukumnya.

Apa yang membuat Paulus berani pasang badan terhadap Gubernur Sergius Paulus dan berkata sangat keras kepada Baryesus? Jawabannya adalah Roh Kudus yang memberikan keberanian kepada Paulus. Sesungguhnya Paulus bukan sekadar pasang badan untuk gubernur, sebaliknya ia melakukannya dalam keyakinan yang teguh kepada Yesus.

Sikap keras Paulus terhadap tukang sihir itu mencerminkan bahwa Injil tidak takluk terhadap Iblis. Orang yang diutus mewartakan Injil akan disertai oleh Roh Kudus. Kemenangan Paulus dalam memberitakan Injil kepada Gubernur Sergius Paulus adalah kemenangan Kristus.

Dalam mengabarkan Injil, gereja sering kali berhadapan dengan berbagai kekuatan penghalang yang datang dari Iblis. Kekuatan itu bisa berwujud sebagai manusia, benda, uang, kekuasaan, dan lainnya. Melalui kaki tangannya, Iblis akan melakukan berbagai upaya untuk menghalang pelayanan dan pewartaan Injil. Tetapi kita tidak perlu takut. Kita harus berani melawan kuasa iblis. Jika kita berpihak kepada Injil, maka Roh Tuhan akan menyertai kita. Allah akan memampukan kita untuk melawan dan menaklukannya. Sebaliknya, jika kita takut, maka laju dari pemberitaan Injil akan terhambat. Padahal masih banyak orang yang belum mendengarkan Injil sebagai warta keselamatan Allah.

Doa: Tuhan, jangan biarkan kami gentar terhadap berbagai bentuk ancaman iblis. Teguhkanlah iman kami. [ETY]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/09/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+13:4-12
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+13:4-12

Kisah Para Rasul 13:4-12

 4  Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus.
 5  Setiba di Salamis mereka memberitakan firman Allah di dalam rumah-rumah ibadat orang Yahudi. Dan Yohanes menyertai mereka sebagai pembantu mereka.
 6  Mereka mengelilingi seluruh pulau itu sampai ke Pafos. Di situ mereka bertemu dengan seorang Yahudi bernama Baryesus. Ia seorang tukang sihir dan nabi palsu.
 7  Ia adalah kawan gubernur pulau itu, Sergius Paulus, yang adalah orang cerdas. Gubernur itu memanggil Barnabas dan Saulus, karena ia ingin mendengar firman Allah.
 8  Tetapi Elimas--demikianlah namanya dalam bahasa Yunani--,tukang sihir itu, menghalang-halangi mereka dan berusaha membelokkan gubernur itu dari imannya.
 9  Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap dia,
10  dan berkata: "Hai anak Iblis, engkau penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejahatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan Jalan Tuhan yang lurus itu?
11  Sekarang, lihatlah, tangan Tuhan datang menimpa engkau, dan engkau menjadi buta, beberapa hari lamanya engkau tidak dapat melihat matahari." Dan seketika itu juga orang itu merasa diliputi kabut dan gelap, dan sambil meraba-raba ia harus mencari orang untuk menuntun dia.
12  Melihat apa yang telah terjadi itu, percayalah gubernur itu; ia takjub oleh ajaran Tuhan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar