(e-SH) 29 Mei -- Kisah Para Rasul 5:12-25 - Makin Dihambat, Makin Merambat

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 29 Mei 2018
Ayat SH: Kisah Para Rasul 5:12-25

Judul: Makin Dihambat, Makin Merambat

Allah tiada hentinya berkarya dengan kuasa-Nya dalam perluasan Injil dan perkembangan gereja-Nya. Hal itu tampak pada pertambahan jumlah petobat baru yang percaya kepada Yesus. Jika dilihat secara statistik, angka pertumbuhan orang percaya sangat fantastis, dimulai dari tiga ribu orang menjadi lima ribu orang (lih. Kis. 2:41-47; 4:4). Semua ini membuktikan kuasa Yesus tidak dapat dibendung oleh manusia.

Di satu sisi, jemaat perdana mengalami kebangunan rohani. Tetapi di sisi lain, kekuataan Si Jahat pun makin gencar melancarkan serangannya untuk menghambat laju tumbuh Kerajaan Allah. Hal itu terlihat bagaimana para rasul sangat antusias dan semangat memberikan kesaksian tentang Kristus, namun pihak Mahkamah Agama juga berupaya keras melarang dan mengancam mereka. Sekalipun dihambat, para rasul tetap gigih dalam pewartaan Injil Kristus. Bahkan keteladanan, kesaksian, dan cara hidup bersama membuat banyak orang menghormati mereka (14).

Selain itu, Allah juga memperluas cakupan Injil kepada orang-orang yang tinggal di sekitar Yerusalem. Allah mengurapi dan memakai Petrus untuk melakukan mukjizat penyembuhan. Banyak orang sakit, kerasukan roh jahat, dan sebagainya disembuhkan Allah (16). Disadari atau tidak, pengaruh Petrus semakin meluas dan hal itu membuat orang-orang yang berkuasa di Yerusalem iri hati. Mereka merasa terganggu karena pengaruh Petrus sudah mengusik popularitas dan mengganggu wilayah kekuasan mereka. Penguasa pun menangkap para rasul (18). Namun, Allah melepaskan dan memerintahkan para rasul itu untuk berani bersaksi tentang Kristus tanpa rasa takut. Perintah itu merupakan bentuk peneguhan atas pelayanan mereka (19-21a).

Dalam pelayanan terkadang kita mengalami hambatan, tantangan, dan ancaman. Tetapi, iman kepada Yesus harus tetap tumbuh dan mekar. Ketaatan kita kepada firman Allah hendaknya menjadi kesaksian kepada dunia bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat dunia. [JMN]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/05/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+5:12-25
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+5:12-25

Kisah Para Rasul 5:12-25

12  Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat.
13  Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak.
14  Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan,
15  bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka.
16  Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.
17  Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mereka sangat iri hati.
18  Mereka menangkap rasul-rasul itu, lalu memasukkan mereka ke dalam penjara kota.
19  Tetapi waktu malam seorang malaikat Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu dan membawa mereka ke luar, katanya:
20  "Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak."
21  Mereka mentaati pesan itu, dan menjelang pagi masuklah mereka ke dalam Bait Allah, lalu mulai mengajar di situ. Sementara itu Imam Besar dan pengikut-pengikutnya menyuruh Mahkamah Agama berkumpul, yaitu seluruh majelis tua-tua bangsa Israel, dan mereka menyuruh mengambil rasul-rasul itu dari penjara.
22  Tetapi ketika pejabat-pejabat datang ke penjara, mereka tidak menemukan rasul-rasul itu di situ. Lalu mereka kembali dan memberitahukan,
23  katanya: "Kami mendapati penjara terkunci dengan sangat rapihnya dan semua pengawal ada di tempatnya di muka pintu, tetapi setelah kami membukanya, tidak seorangpun yang kami temukan di dalamnya."
24  Ketika kepala pengawal Bait Allah dan imam-imam kepala mendengar laporan itu, mereka cemas dan bertanya apa yang telah terjadi dengan rasul-rasul itu.
25  Tetapi datanglah seorang mendapatkan mereka dengan kabar: "Lihat, orang-orang yang telah kamu masukkan ke dalam penjara, ada di dalam Bait Allah dan mereka mengajar orang banyak."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar