(e-RH) 4 September -- YESAYA 1:21-31 - PEMURNIAN DARI TUHAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 4 September 2024
Bacaan : YESAYA 1:21-31
Setahun: Yehezkiel 18-20
Nats: "Aku akan berbalik melawanmu dengan tangan-Ku: Aku akan memurnikan perakmu, dan akan menyingkirkan segala kotoran darimu." (Yesaya 1:25)

Renungan:

PEMURNIAN DARI TUHAN

Ada banyak kasus ketidaksetiaan pasangan di dalam rumah tangga, suami yang mempunyai wanita lain atau sebaliknya istri yang mempunyai pria lain. Sesungguhnya, suami atau istri tersebut telah mengecewakan pasangannya masing-masing. Mungkinkah seorang yang telah mengecewakan pasangannya dapat diberi kesempatan dan diterima kembali?

Umat Tuhan di Yerusalem telah berubah setia seperti seorang pelacur. Mereka hidup dalam kejahatan, ketidakadilan, pemberontakan, suap dan sogok, serta ketidakpedulian kepada yang lemah, seperti anak-anak yatim dan janda-janda. Kasih mereka kepada Tuhan digambarkan sudah tidak murni lagi karena mereka hidup mengikuti keinginan mereka sendiri dan ilah-ilah bangsa lain.

Keadaan inilah yang membuat Tuhan bertindak untuk memurnikan kembali umat pilihan-Nya. Tuhan bermaksud untuk membersihkan umat-Nya dari kejahatan dan memulihkan suatu kaum sisa yang bertobat. Pemurnian ini dimulai dari para pemimpin, baik hakim maupun penasihat, sehingga diharapkan umat Tuhan akan mendapat pimpinan dan teladan baik dari tindakan para pemimpinnya (ay. 26). Mereka yang bertobat akan dipulihkan, tetapi bagi yang tetap tidak bertobat mereka akan mendapat penghukuman yang dahsyat.

Mungkinkah kita yang telah berlaku tidak setia dapat mengalami pemulihan? Tentu. Pemulihan adalah karya Tuhan yang penuh kasih bagi anak-anak-Nya. Dia ingin anak-anak-Nya berbalik dari kelakuannya yang tidak setia. Marilah kita bersedia membuka hati dan dimurnikan oleh Tuhan, sekalipun prosesnya mungkin tidak mengenakkan. Kita percaya bahwa semua akan indah pada waktu-Nya. --ANT/www.renunganharian.net
   
KITA DIMURNIKAN KARENA KITA DIKASIHI-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/09/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?YESAYA+1:21-31

YESAYA 1:21-31

21  Bagaimana ini, kota yang dahulu setia sekarang sudah menjadi sundal! Tadinya penuh keadilan dan di situ selalu diam kebenaran, tetapi sekarang penuh pembunuh.
22  Perakmu tidak murni lagi dan arakmu bercampur air.
23  Para pemimpinmu adalah pemberontak dan bersekongkol dengan pencuri. Semuanya suka menerima suap dan mengejar sogok. Mereka tidak membela hak anak-anak yatim, dan perkara janda-janda tidak sampai kepada mereka.
24  Sebab itu demikianlah firman Tuhan, TUHAN semesta alam, Yang Mahakuat pelindung Israel; "Ha, Aku akan melampiaskan dendam-Ku kepada para lawan-Ku, dan melakukan pembalasan kepada para musuh-Ku.
25  Aku akan bertindak terhadap engkau: Aku akan memurnikan perakmu dengan garam soda, dan akan menyingkirkan segala timah dari padanya.
26  Aku akan mengembalikan para hakimmu seperti dahulu, dan para penasihatmu seperti semula. Sesudah itu engkau akan disebutkan kota keadilan, kota yang setia."
27  Sion akan Kubebaskan dengan penghakiman yang adil dan orang-orangnya yang bertobat akan Kubebaskan dengan tindakan yang benar.
28  Tetapi orang-orang yang memberontak dan orang-orang berdosa akan dihancurkan bersama, dan orang-orang yang meninggalkan TUHAN akan habis lenyap.
29  Sungguh, kamu akan mendapat malu karena pohon-pohon keramat yang kamu inginkan; dan kamu akan tersipu-sipu karena taman-taman dewa yang kamu pilih.
30  Sebab kamu akan seperti pohon keramat yang daunnya layu, dan seperti kebun yang kekurangan air.
31  Maka yang kuat menjadi seolah-olah kapas dan pekerjaannya menjadi seolah-olah bunga api; keduanya menimbulkan api dan tidak ada yang dapat memadamkan.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+18-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+18-20

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar