(e-RH) 29 September -- 2 RAJA-RAJA 4:1-7 - PUNYA SEGALANYA

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 29 September 2024
Bacaan : 2 RAJA-RAJA 4:1-7
Setahun: Zakharia 1-7
Nats: Kemudian perempuan itu pergi memberitahukannya kepada abdi Allah. Abdi ini berkata, "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah utangmu. Engkau serta anak-anakmu dapat hidup dari kelebihannya." (2 Raja-raja 4:7)

Renungan:

PUNYA SEGALANYA

Banyak orang berkata, "Aku tidak punya apa-apa." Saat berkata demikian, mayoritas orang-orang itu bukan tidak punya apa-apa. Mereka tidak telanjang ataupun tidak punya tempat tinggal. Pada mereka ada makanan, pakaian, tempat tinggal, bahkan simpanan uang di bank. Masalahnya, mata mereka buta dan mental mereka miskin. Walaupun tangan menggenggam banyak, rasanya tidak punya apa-apa. Kita anak-anak Tuhan tidak boleh berkata, "Aku tidak punya apa-apa." Setiap hari Tuhan melimpahkan berkat-Nya kepada kita. Pula jika kita punya Tuhan, artinya kita punya segalanya.

Mata janda dalam bagian firman Tuhan hari ini sempat buta dan mentalnya sempat miskin. Tidak heran ketika Elisa berkata, "Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah, " perempuan itu menjawab, "Hambamu ini tidak punya apa-apa di rumah." Untung kemudian matanya sedikit terbuka dan mentalnya sedikit berubah. Karena itu ia menambahi, "Kecuali sebuah buli-buli berisi minyak" (ay. 2). Selanjutnya, Elisa memintanya mengumpulkan bejana-bejana kosong dari tetangganya. Minyak yang sebuli-buli nanti harus dituangkan ke dalam bejana. Saat semua bejana penuh, mata perempuan itu terbuka lebar dan mentalnya sepenuhnya berubah. Tak hanya sebuli-buli minyak, ia punya banyak. Tak sekadar melunasi utang, ia dapat hidup dari kelebihan hasil penjualan minyak. Perempuan itu sadar ketika ia punya Tuhan, dalam arti beriman kepada Tuhan, ia punya segalanya.

Alih-alih mengatakan, "Aku tidak punya apa-apa, " senantiasalah mengucap syukur kepada Tuhan untuk berkat-berkat yang kita terima. Faktanya, ucapan syukur akan mencelikkan mata serta membenahi mental kita. Tidak lagi kita bersusah hati karena mendapati ternyata kita punya segalanya sebab kita mempunyai Tuhan. --LIN/www.renunganharian.net
   
JIKA KITA PUNYA TUHAN MAKA KITA PUNYA SEGALANYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/09/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+RAJA-RAJA+4:1-7

2 RAJA-RAJA 4:1-7

 1  Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: "Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya."
 2  Jawab Elisa kepadanya: "Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah." Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak."
 3  Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit.
 4  Kemudian masuklah, tutuplah pintu sesudah engkau dan anak-anakmu masuk, lalu tuanglah minyak itu ke dalam segala bejana. Mana yang penuh, angkatlah!"
 5  Pergilah perempuan itu dari padanya; ditutupnyalah pintu sesudah ia dan anak-anaknya masuk; dan anak-anaknya mendekatkan bejana-bejana kepadanya, sedang ia terus menuang.
 6  Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: "Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi," tetapi jawabnya kepada ibunya: "Tidak ada lagi bejana." Lalu berhentilah minyak itu mengalir.
 7  Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Zakharia+1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Zakharia+1-7

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar