(e-SH) 29 Agustus -- Mazmur 53 - Umat Tuhan di Dunia yang Bejat

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 29 Agustus 2024
Ayat SH: Mazmur 53

Judul: Umat Tuhan di Dunia yang Bejat

Bacaan hari ini memiliki banyak kemiripan dengan Mazmur 14, dengan perbedaan pada ayat 6. Daud memulainya dengan hamartiologi (pelajaran Alkitab tentang dosa). Ia menyingkapkan kondisi berdosa seluruh umat manusia. "Semua", katanya, "telah menyimpang" dan "bejat" (4). Mereka menyangkali keberadaan Allah atau berharap Ia tidak ada (2; Mzm. 14:1).

Itu mungkin terdengar seperti tuduhan yang berlebihan. Namun, Daud mengungkapkan bahwa buktinya dinyatakan oleh Allah sendiri. Ia mengamati dari surga dan mendapati bahwa tidak ada manusia yang benar-benar baik (3-4; Mzm. 14:2-3). Pada kemudian hari Paulus menegaskan seluruh kebenaran ini di dalam Roma 3:10-12.

Menariknya, meski dunia dipenuhi orang-orang berdosa, Allah menganggap sebagian darinya adalah umat-Nya (5; Mzm. 14:4). Secara tersirat, itu menunjukkan bahwa mereka menjadi umat-Nya karena Ia telah membenarkan mereka demi kasih-Nya. Sayangnya, selama mereka masih ada di dunia, mereka terus-menerus ditindas oleh orang-orang yang bukan umat Allah.

Kabar baiknya, Allah pasti akan membela umat-Nya. Ia berjanji akan membuat musuh mereka, yang juga adalah musuh-Nya, menjadi takut dan malu (6; Mzm. 14:5-6). Janji itu adalah dasar pengharapan dan sukacita kita (7; Mzm. 14:7).

Apakah Anda sungguh-sungguh percaya pada janji itu? Sebaiknya demikian, sebab janji Allah adalah berita yang logis. Jika Allah berkenan mengangkat kita sebagai umat-Nya, sekalipun dahulu kita manusia berdosa, Ia tentu tidak akan membiarkan kita terus ditindas oleh orang-orang dunia yang berdosa. Atau, dalam kata-kata Rasul Paulus, "Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimana mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama Dia?" (Rm. 8:32)

Kita patut bersyukur karena Allah mengangkat kita menjadi umat-Nya. Sisipkanlah ucapan syukur atas hal tersebut dalam doa kita hari ini. Ucapkanlah: "Terima kasih, Tuhan, Engkau memelihara umat-Mu di tengah dunia yang bejat." [PHM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2024/08/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Mazmur+53
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+53

Mazmur 53

 1  Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mahalat. Nyanyian pengajaran Daud. (53-2) Orang bebal berkata dalam hatinya: "Tidak ada Allah!" Busuk dan jijik kecurangan mereka, tidak ada yang berbuat baik.
 2  (53-3) Allah memandang ke bawah dari sorga kepada anak-anak manusia, untuk melihat apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah.
 3  (53-4) Mereka semua telah menyimpang, sekaliannya telah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak.
 4  (53-5) Tidak sadarkah orang-orang yang melakukan kejahatan, yang memakan habis umat-Ku seperti memakan roti, dan yang tidak berseru kepada Allah?
 5  (53-6) Di sanalah mereka ditimpa kekejutan yang besar, padahal tidak ada yang mengejutkan; sebab Allah menghamburkan tulang-tulang para pengepungmu; mereka akan dipermalukan, sebab Allah telah menolak mereka.
 6  (53-7) Ya, datanglah kiranya dari Sion keselamatan bagi Israel! Apabila Allah memulihkan keadaan umat-Nya, maka Yakub akan bersorak-sorak, Israel akan bersukacita.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar