(e-RH) 17 Agustus -- 2 SAMUEL 5:17-25 - SEPERTI AIR MENERJANG

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 17 Agustus 2024
Bacaan : 2 SAMUEL 5:17-25
Setahun: Yeremia 18-22
Nats: Lalu Daud tiba di Ba'al-Perasim dan Daud mengalahkan mereka di sana. Ia berkata, "Tuhan telah menerjang musuhku di depanku seperti air yang menerjang." Sebab itu, orang menamakan tempat itu Ba'al-Perasim. (2 Samuel 5:20)

Renungan:

SEPERTI AIR MENERJANG

Saya pernah melihat langsung kekuatan air yang tak hanya mampu menghanyutkan pepohonan, tetapi sanggup merobohkan jembatan yang terbuat dari besi. Dampak yang dihasilkan setelah banjir besar itu pun tak bisa dianggap enteng karena daerah yang dilintasi oleh "air yang menerjang" itu sering kali mengalami kerusakan. Semakin dahsyat kekuatan banjir tersebut menerjang maka dampak yang akan ditinggalkan atas suatu daerah juga semakin destruktif.

Ketika Daud dan pasukannya mendatangi musuh di lokasi yang kelak akan disebut "Ba'al-Perasim", tentu bukanlah tanpa maksud ketika nama itu dipilih. Kuasa Allah yang menaungi mereka dalam peperangan dilihat Daud seperti air menerjang, yang tak dapat dihentikan oleh apa pun, bahkan sanggup menghadirkan kekalahan luar biasa bagi pihak bangsa Filistin. Pilihan kata "Ba'al-Perasim" yang Daud pakai sepertinya hendak menegaskan suatu fakta bahwa Allah Israel jauh lebih berkuasa dibandingkan para Baal sesembahan bangsa Filistin. Ya, itulah Allah Maha Kuasa yang disembah oleh Daud, juga kita sembah di dalam nama Tuhan Yesus!

Hari ini "peperangan" macam apa yang sedang kita hadapi? Adakah perkara yang begitu menakutkan bagi kita, seperti sergapan musuh pada masa peperangan? Mari ingat bahwa kita memiliki Allah yang mampu menerjang segala perkara dalam kehidupan kita. Jika Dia berkehendak, bahkan penyakit, maut, dan kemustahilan sekalipun tidak mampu menahan-Nya untuk menyatakan kuasa-Nya atas kehidupan kita. Mari hampiri Dia dan berserulah memohon pertolongan-Nya! --GHJ/www.renunganharian.net
   
KETIKA ALLAH MEMBUAT TEROBOSAN NISCAYA KEHIDUPAN KITA TAKKAN PERNAH SAMA LAGI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/08/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+SAMUEL+5:17-25

2 SAMUEL 5:17-25

17  Ketika didengar orang Filistin, bahwa Daud telah diurapi menjadi raja atas Israel, maka majulah semua orang Filistin untuk menangkap Daud. Tetapi Daud mendengar hal itu, lalu ia pergi ke kubu pertahanan.
18  Ketika orang Filistin itu datang dan memencar di lembah Refaim,
19  bertanyalah Daud kepada TUHAN: "Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu? Akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku?" TUHAN menjawab Daud: "Majulah, sebab Aku pasti akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu."
20  Lalu datanglah Daud di Baal-Perasim dan memukul mereka kalah di sana. Berkatalah ia: "TUHAN telah menerobos musuhku di depanku seperti air menerobos." Sebab itu orang menamakan tempat itu Baal-Perasim.
21  Orang Filistin itu meninggalkan berhalanya di sana, lalu Daud dan orang-orangnya mengangkatnya.
22  Ketika orang Filistin maju sekali lagi dan memencar di lembah Refaim,
23  maka bertanyalah Daud kepada TUHAN, dan Ia menjawab: "Janganlah maju, tetapi buatlah gerakan lingkaran sampai ke belakang mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau.
24  Dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau bertindak cepat, sebab pada waktu itu TUHAN telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin."
25  Dan Daud berbuat demikian, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, maka ia memukul kalah orang Filistin, mulai dari Geba sampai dekat Gezer.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yeremia+18-22
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+18-22

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar