(e-SH) 30 Juli -- Kejadian 47:1-12 - Menjadi Berkat bagi Orang Sekitar

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 30 Juli 2024
Ayat SH: Kejadian 47:1-12

Judul: Menjadi Berkat bagi Orang Sekitar

Allah memberkati Abram supaya melalui Abram dan keturunannya semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat (Kej. 12:3). Yusuf melakukan apa yang Allah firmankan seperti yang terlihat di dalam nas bacaan hari ini.

Sesuai dengan strateginya, Yusuf sengaja menempatkan keluarga Yakub di Gosyen dan memberitahukan kepada Firaun bahwa sekarang mereka ada di sana (1). Kemudian, saudara-saudaranya mengatakan, "Hamba-hambamu ini gembala kambing domba, baik kami maupun nenek moyang kami" (3). Mereka juga memohon supaya mereka boleh menetap di tanah Gosyen (4).

Firaun yang memang sangat sayang kepada Yusuf, dan telah mengatakan bahwa ia akan memberikan yang terbaik di tanah Mesir kepada Yusuf (Kej. 45:18), menyetujui permintaan keluarga Yakub (5-6a). Bahkan Firaun meminta Yusuf untuk merekomendasikan saudaranya yang tangkas untuk menjadi pengawas ternak Firaun (6b). Dengan demikian, Yusuf memelihara ayahnya, saudara-saudaranya, dan seisi rumah ayahnya dengan persediaan makanan bagi setiap anggota keluarga (12).

Jelas bahwa karena Yusuf seorang, seluruh Mesir mendapat berkat. Keluarga Yakub juga diberkati dan dipelihara sehingga mereka tidak kekurangan makanan dalam masa kelaparan yang panjang. Bahkan mereka mendapatkan kehidupan yang sangat baik di Mesir.

Seperti perkataan Allah kepada Abraham, yang juga berlaku bagi kita sebagai keturunan rohani Abraham, kita juga perlu menjadi berkat bagi orang di sekitar kita. Berkat Allah tidak pernah hanya untuk kita sendiri ataupun keluarga kita saja, tetapi juga untuk "kepentingan bersama" (1Kor. 12:7). Setelah kita menerima dan menikmati semua berkat yang Allah limpahkan, jangan pernah lupa untuk menjadi berkat bagi banyak orang.

Kini mintalah Allah untuk mengajar kita agar kita mengerti apa yang Allah kehendaki untuk kita lakukan dengan semua bakat, talenta, dan kekayaan yang Ia limpahkan kepada kita supaya kita dapat menjadi berkat bagi banyak orang di sekitar kita. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2024/07/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Kejadian+47:1-12
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+47:1-12

Kejadian 47:1-12

 1  Kemudian pergilah Yusuf memberitahukan kepada Firaun: "Ayahku dan saudara-saudaraku beserta kambing dombanya, lembu sapinya dan segala miliknya telah datang dari tanah Kanaan, dan sekarang mereka ada di tanah Gosyen."
 2  Dari antara saudara-saudaranya itu dibawanya lima orang menghadap Firaun.
 3  Firaun bertanya kepada saudara-saudara Yusuf itu: "Apakah pekerjaanmu?" Jawab mereka kepada Firaun: "Hamba-hambamu ini gembala domba, baik kami maupun nenek moyang kami."
 4  Lagi kata mereka kepada Firaun: "Kami datang untuk tinggal di negeri ini sebagai orang asing, sebab tidak ada lagi padang rumput untuk kumpulan ternak hamba-hambamu ini, karena hebat kelaparan itu di tanah Kanaan; maka sekarang, izinkanlah hamba-hambamu ini menetap di tanah Gosyen."
 5  Lalu berkatalah Firaun kepada Yusuf: "Ayahmu dan saudara-saudaramu telah datang kepadamu.
 6  Tanah Mesir ini terbuka untukmu. Tunjukkanlah kepada ayahmu dan kepada saudara-saudaramu tempat menetap di tempat yang terbaik dari negeri ini, biarlah mereka diam di tanah Gosyen. Dan jika engkau tahu di antara mereka orang-orang yang tangkas, tempatkanlah mereka menjadi pengawas ternakku."
 7  Yusuf membawa juga Yakub, ayahnya, menghadap Firaun. Lalu Yakub memohonkan berkat bagi Firaun.
 8  Kemudian bertanyalah Firaun kepada Yakub: "Sudah berapa tahun umurmu?"
 9  Jawab Yakub kepada Firaun: "Tahun-tahun pengembaraanku sebagai orang asing berjumlah seratus tiga puluh tahun. Tahun-tahun hidupku itu sedikit saja dan buruk adanya, tidak mencapai umur nenek moyangku, yakni jumlah tahun mereka mengembara sebagai orang asing."
10  Lalu Yakub memohonkan berkat bagi Firaun, sesudah itu keluarlah ia dari depan Firaun.
11  Yusuf menunjukkan kepada ayahnya dan saudara-saudaranya tempat untuk menetap dan memberikan kepada mereka tanah milik di tanah Mesir, di tempat yang terbaik di negeri itu, di tanah Rameses, seperti yang diperintahkan Firaun.
12  Dan Yusuf memelihara ayahnya, saudara-saudaranya dan seisi rumah ayahnya dengan makanan, menurut jumlah anak-anak mereka.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar