(e-SH) 15 Juli -- Kejadian 35:16-29 - Konsekuensi yang Tertunda

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 15 Juli 2024
Ayat SH: Kejadian 35:16-29

Judul: Konsekuensi yang Tertunda

Setelah bertemu dengan Tuhan di Betel, Yakub (yang berganti nama menjadi Israel) beserta seluruh keluarganya melanjutkan perjalanan dan hendak menuju ke Hebron untuk bertemu dengan Ishak, ayahnya. Namun, di tengah perjalanan, ada dukacita.

Rahel melahirkan Benyamin dengan sangat sukar sehingga akhirnya ia meninggal dan dikubur di dekat Efrata (16b, 18-19). Setelah peristiwa ini, Yakub berhenti sejenak dari perjalanan menuju ke Hebron (21).

Tak dijelaskan mengapa Yakub tidak langsung pergi ke Hebron. Beberapa alasan yang mungkin adalah karena perjalanan yang harus ditempuh masih cukup jauh; atau karena ia baru memiliki seorang bayi yang memerlukan perawatan. Mungkin juga Yakub berhenti sejenak karena ia sangat berduka atas kehilangan istri yang sangat dicintainya.

Di tengah segala keletihan fisik dan emosi yang Yakub rasakan, anak sulungnya ketahuan tidur dengan gundiknya (22a). Lalu, hukuman apa yang Ruben terima? Tidak ada penjelasan di pasal ini. Sepintas mungkin kita berpikir bahwa Tuhan tak adil dan Yakub terlalu lemah sehingga ia tidak menghukum Ruben. Namun, di pasal 49, menjelang akhir hidup Yakub, kita melihat hukuman yang harus Ruben terima akibat perbuatan dosanya.

Konsekuensi dosa kadang kala tidak terlihat secara langsung atau pada saat itu juga. Karena itu, selalu ada orang yang berbuat dosa dengan sesuka hati dan berpikir bahwa ia dapat menghindari konsekuensi dari dosa yang dia perbuat. Akibatnya, dia tidak mau segera bertobat dan berubah. Ia tak menyadari bahwa konsekuensi dari perbuatan dosanya mungkin belum saatnya dia tuai. Namun demikian, jika saatnya tiba, ia akan menerima konsekuensi yang serius akibat perbuatannya.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita semua bahwa setiap orang harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah ia lakukan. Tidak menanggung hukuman pada saat itu juga bukan berarti bebas dari hukuman. Oleh sebab itu, bertobatlah sebelum terlambat dan jalanilah kehidupan dengan takut akan Tuhan. [STG]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2024/07/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Kejadian+35:16-29
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+35:16-29

Kejadian 35:16-29

16  Sesudah itu berangkatlah mereka dari Betel. Ketika mereka tidak berapa jauh lagi dari Efrata, bersalinlah Rahel, dan bersalinnya itu sangat sukar.
17  Sedang ia sangat sukar bersalin, berkatalah bidan kepadanya: "Janganlah takut, sekali inipun anak laki-laki yang kaudapat."
18  Dan ketika ia hendak menghembuskan nafas--sebab ia mati kemudian--diberikannyalah nama Ben-oni kepada anak itu, tetapi ayahnya menamainya Benyamin.
19  Demikianlah Rahel mati, lalu ia dikuburkan di sisi jalan ke Efrata, yaitu Betlehem.
20  Yakub mendirikan tugu di atas kuburnya; itulah tugu kubur Rahel sampai sekarang.
21  Sesudah itu berangkatlah Israel, lalu ia memasang kemahnya di seberang Migdal-Eder.
22  Ketika Israel diam di negeri ini, terjadilah bahwa Ruben sampai tidur dengan Bilha, gundik ayahnya, dan kedengaranlah hal itu kepada Israel.(35-22b) Adapun anak-anak lelaki Yakub dua belas orang jumlahnya.
23  Anak-anak Lea ialah Ruben, anak sulung Yakub, kemudian Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar dan Zebulon.
24  Anak-anak Rahel ialah Yusuf dan Benyamin.
25  Dan anak-anak Bilha, budak perempuan Rahel ialah Dan serta Naftali.
26  Dan anak-anak Zilpa, budak perempuan Lea ialah Gad dan Asyer. Itulah anak-anak lelaki Yakub, yang dilahirkan baginya di Padan-Aram.
27  Lalu sampailah Yakub kepada Ishak, ayahnya, di Mamre dekat Kiryat-Arba--itulah Hebron--tempat Abraham dan Ishak tinggal sebagai orang asing.
28  Adapun umur Ishak seratus delapan puluh tahun.
29  Lalu meninggallah Ishak, ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya; ia tua dan suntuk umur, maka Esau dan Yakub, anak-anaknya itu, menguburkan dia.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar