(e-RH) 15 Juli -- YEREMIA 20:1-6 - PASHUR

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 15 Juli 2024
Bacaan : YEREMIA 20:1-6
Setahun: Amsal 7-9
Nats: Lalu Pashur memukul Nabi Yeremia dan memasungkan dia di Pintu Gerbang Benyamin Atas di Rumah Tuhan. (Yeremia 20:2)

Renungan:

PASHUR

Apa tema khotbah yang biasanya kita sukai? Tentang rahasia sukses? Tentang hidup berkelimpahan dan diberkati Tuhan? Tentang pemeliharaan Tuhan serta jaminan keamanan di dalam Dia? Ya, ada banyak bagian firman Tuhan yang berbicara tentang tema-tema ini. Namun, banyak juga tema lain, misalnya tanggung jawab sebagai orang Kristen, akibat dosa, menderita karena Kristus, pendisiplinan Allah, atau murka-Nya atas ketidaktaatan umat-Nya. Ketidaksukaan terhadap bagian tertentu dari firman Tuhan membuat orang-orang melewatkannya, berusaha menghindarinya, bahkan menentangnya. Mereka hanya ingin mendengarkan apa yang mereka sukai (bdk. 2Tim. 4:3-4).

Pashur juga memiliki caranya sendiri merespons firman Tuhan yang tidak diharapkannya. Ketika Nabi Yeremia berkhotbah tentang hukuman yang akan menimpa Yerusalem akibat ketidaktaatan umat Allah, ia memukul sang nabi, bahkan memasungnya di Pintu Gerbang Bait Allah hingga keesokan harinya. Sebagai seorang imam sekaligus kepala Rumah Tuhan, ia ingin memastikan keamanan Bait Allah. Namun, sebenarnya tindakannya itu juga didasarkan pada ketidaksediaannya mendengarkan firman Tuhan. Akibatnya, Pashur dan keluarganya turut mengalami penghukuman Allah.

Kita bersyukur bahwa sekarang kita memiliki Alkitab yang menjadi acuan kita dalam menilai apakah sebuah pengajaran itu benar atau tidak. Bukan berdasarkan kesukaan pribadi, atau tergantung pemikiran kita sendiri. Kiranya kita cukup rendah hati untuk ditegur, dikoreksi, dan dibimbing oleh firman Tuhan, apa pun temanya, serta siapa pun yang menyampaikannya. --HT/www.renunganharian.net
   
JANGANLAH HENDAKNYA KITA MENJADIKAN SELERA PRIBADI ATAU PERTIMBANGAN SENDIRI SEBAGAI ALAT UKUR KEBENARAN FIRMAN TUHAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/07/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?YEREMIA+20:1-6

YEREMIA 20:1-6

 1  Pasyhur bin Imer, imam yang pada waktu itu menjabat kepala di rumah TUHAN, mendengar Yeremia menubuatkan perkataan-perkataan itu.
 2  Lalu Pasyhur memukul nabi Yeremia dan memasungkan dia di pintu gerbang Benyamin yang ada di atas rumah TUHAN.
 3  Tetapi ketika Pasyhur keesokan harinya mengeluarkan Yeremia dari pasungan itu, berkatalah Yeremia kepadanya: "TUHAN akan menyebut namamu bukan Pasyhur, melainkan Kegentaran-dari-segala-jurusan.
 4  Sebab beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku akan membuat engkau menjadi kegentaran bagimu sendiri dan bagi semua sahabatmu; mereka akan rebah mati oleh pedang musuhnya di depan matamu sendiri. Dan seluruh Yehuda akan Kuserahkan ke dalam tangan raja Babel yang akan mengangkut mereka ke dalam pembuangan ke Babel dan memukul mati mereka dengan pedang.
 5  Juga harta benda kota ini, segala hasil jerih payahnya, segala barangnya yang berharga dan segala barang perbendaharaan raja-raja Yehuda akan Kuserahkan ke dalam tangan musuhnya, yang akan menjarah, mengumpulkan dan membawa semuanya itu ke Babel.
 6  Mengenai engkau, hai Pasyhur, dan semua orang yang diam di rumahmu, kamu akan diangkut tertawan; engkau akan sampai ke Babel dan akan mati di sana dan akan dikuburkan di sana: engkau ini dengan semua sahabatmu yang kepadanya engkau telah bernubuat palsu."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Amsal+7-9
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Amsal+7-9

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar