(e-SH) 9 Juni -- Kejadian 12:1-9 - Nama Masyhur dari Allah

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 9 Juni 2024
Ayat SH: Kejadian 12:1-9

Judul: Nama Masyhur dari Allah

Ada peribahasa: "Harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama". Memang, nama sangat penting bagi manusia.

Dari hidup Kain, dapat disimpulkan bahwa karakteristik dari keturunan ular adalah seperti ini: Pertama, mereka membunuh keturunan perempuan (Kain membunuh Habel, Kej. 4:8). Kedua, mereka mendirikan kota (Kain mendirikan kota, Kej. 4:17). Ketiga, mereka mencari nama (Kain menamai kota itu dengan nama anaknya, Kej. 4:17).

Dalam peristiwa menara Babel, manusia melakukan hal yang sama, yaitu mendirikan kota dan mencari nama (Kej. 11:4). Pada waktu itu keturunan ular tidak membunuh keturunan perempuan karena saat itu semua manusia bersatu (Kej. 11:1). Dalam peristiwa itu, kita melihat bahwa mereka telah gagal "mencari nama" karena Tuhan menyerakkan mereka. Dengan demikian, kita mungkin menyimpulkan bahwa Allah tidak suka manusia mempunyai nama yang besar.

Namun, dalam nas hari ini, kita melihat bahwa salah satu janji Allah kepada Abram adalah Allah akan membuat nama Abram menjadi masyhur (2). Setelah memasuki tanah Kanaan, Abram mendirikan mazbah bagi Tuhan dan "memanggil nama TUHAN" (8). Jadi, jika keturunan ular "mencari nama", maka keturunan perempuan "memanggil nama TUHAN", sebagaimana yang dilakukan oleh Abram dan keturunan Set (Kej. 4:26).

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa bukannya Allah tidak mau manusia memiliki nama yang masyhur. Namun, sebagai orang percaya, seharusnya kita hidup bukan untuk mencari nama, melainkan memanggil nama Tuhan. Apakah kita akan memiliki nama besar atau tidak, itu bergantung pada apa yang menjadi kehendak Allah bagi kita.

Sebagai orang percaya, tugas utama kita adalah memuliakan Bapa di Surga (Mat. 5:16). Segala sesuatu akan menjadi tidak berarti jika tidak diperkenan Allah. Biarlah Allah sendiri yang memberikan kita nama yang sesuai dengan kehendak-Nya. Mintalah kepada Bapa supaya kita berfokus memanggil nama-Nya dan bukan mencari nama. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2024/06/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Kejadian+12:1-9
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+12:1-9

Kejadian 12:1-9

 1  Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;
 2  Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.
 3  Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."
 4  Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lotpun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.
 5  Abram membawa Sarai, isterinya, dan Lot, anak saudaranya, dan segala harta benda yang didapat mereka dan orang-orang yang diperoleh mereka di Haran; mereka berangkat ke tanah Kanaan, lalu sampai di situ.
 6  Abram berjalan melalui negeri itu sampai ke suatu tempat dekat Sikhem, yakni pohon tarbantin di More. Waktu itu orang Kanaan diam di negeri itu.
 7  Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu." Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.
 8  Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.
 9  Sesudah itu Abram berangkat dan makin jauh ia berjalan ke Tanah Negeb.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar