(e-RH) 31 Januari -- 1 PETRUS 4:1-6 - MENDERITA BAGI KRISTUS

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 31 Januari 2024
Bacaan : 1 PETRUS 4:1-6
Setahun: Keluaran 39-40
Nats: Jadi, karena Kristus telah menderita secara badani, kamu pun harus juga mepersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian -karena siapa yang telah menderita secara badani, ia telah berhenti berbuat dosa. (1 Petrus 4:1)

Renungan:

MENDERITA BAGI KRISTUS

Nabi-nabi Baal yang ditantang Elia di Gunung Karmel berusaha keras memanggil allah mereka. Mereka bahkan menoreh-noreh dirinya dengan pedang dan tombak, sehingga darah bercucuran dari tubuhnya. Meski demikian, usaha mereka tetap gagal. Sementara Elia tidak perlu melakukan hal serupa untuk memanggil dan membuktikan keberadaan Allah (1Raj. 18:20-40).

Pernyataan Petrus mengenai penderitaan badani bisa disalahpahami dengan menganggap bahwa penderitaan badani dapat melepaskan orang dari dosa. Dengan kata lain, tubuh adalah tempatnya dosa sehingga menyiksa tubuh dapat menyelamatkan dari dosa. Tentu anggapan ini keliru. Tidak semua penderitaan dapat diklaim sebagai risiko iman yang menyelamatkan. Sebab, hanya penderitaan oleh karena kebenaran saja yang dapat disebut sebagai penderitaan karena iman. Berani menderita demi kebenaran berarti berani mengambil risiko dalam rangka meninggalkan kebiasaan dosa. Tidak takut menderita guna membayar harga demi hidup kudus.

Mengikut Kristus tidak selalu harus menderita. Namun, jika perjuangan iman kita harus diperhadapkan dengan penderitaan, ingat pesan Rasul Petrus! Kita tidak boleh menjadi lemah karena Yesus pun mengalaminya. Dunia boleh memandang penderitaan kita sebagai kekalahan dan kegagalan yang memalukan. Tetapi yakinlah, menderita karena mempertahankan kekudusan adalah kemenangan atas dosa. Tidak takut menderita membuat daya tarik dosa menjadi lemah. Karena memiliki keteguhan dalam kekudusan menyelamatkan kita dari tawaran dosa yang tampak penuh kenikmatan. --EBL/www.renunganharian.net
   
JANGANKAN MENDERITA BAGI KRISTUS, MATI PUN MERUPAKAN SEBUAH KEUNTUNGAN BAGI ORANG PERCAYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/01/31/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+PETRUS+4:1-6

1 PETRUS 4:1-6

 1  Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, --karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa--,
 2  supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.
 3  Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.
 4  Sebab itu mereka heran, bahwa kamu tidak turut mencemplungkan diri bersama-sama mereka di dalam kubangan ketidaksenonohan yang sama, dan mereka memfitnah kamu.
 5  Tetapi mereka harus memberi pertanggungan jawab kepada Dia, yang telah siap sedia menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
 6  Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Keluaran+39-40
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Keluaran+39-40

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar