(e-SH) 21 November -- Daniel 10:15-11:1 - Tetaplah Kuat!

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 21 November 2023
Ayat SH: Daniel 10:15-11:1

Judul: Tetaplah Kuat!

Setiap penglihatan yang diterima Daniel pasti memberikan kesan dan makna tersendiri. Begitu pula penglihatan Daniel kali ini.

Apa yang dinyatakan kepada Daniel sebelumnya sudah membuatnya tertunduk dan kelu (10:15). Yang ia rasakan hanyalah kesakitan dan kehilangan kekuatan, bahkan kekuatan untuk berbicara. Satu hal yang Daniel sadari adalah ia menjadi lemah tak berdaya saat ia mendapat penglihatan itu (10:16-17). Daniel baru bisa berbicara dan menjadi kuat kembali setelah sosok yang menyerupai manusia itu menyentuh dirinya (10:18-19).

Tidak hanya memberi kekuatan, sosok itu juga menyatakan tujuan kedatangannya, dan juga menyatakan apa yang akan terjadi (10:20-11:1). Ternyata belum berakhir masa penderitaan yang harus dialami oleh bangsa Israel. Belum selesai dengan bangsa Persia, diperlihatkan bahwa akan ada bangsa lain yang datang, yaitu bangsa Yunani. Kedua bangsa ini akan berkuasa dengan kekuatan mereka, lalu dengan sombong mereka akan terus berperang. Meski demikian, semua ini masih berada dalam rangkaian rencana Allah untuk memulihkan umat-Nya.

Janji Allah untuk menyertai umat-Nya bukanlah kata-kata biasa semata. Hal ini dibuktikan oleh Allah bahkan pada saat umat-Nya tidak setia kepada-Nya. Di satu sisi, kita melihat bagaimana Allah mengizinkan bangsa lain menindas dan menekan umat-Nya. Namun di sisi lain, Allah jugalah yang berperang bagi umat-Nya. Allah pula yang membawa mereka kepada kemenangan yang kekal, yang memimpin mereka kepada keselamatan di dalam Allah.

Di balik semua peristiwa yang kita alami di dunia ini, Allah turut bekerja dan berperang bagi kita. Bahkan, pada saat kita merasa bahwa Allah menghukum kita, kebenarannya adalah Allah berperang bagi kita dan siap memberikan kemenangan kepada kita.

Apa pun keadaan kita saat ini, ingatlah, bahwa di balik setiap keadaan selalu ada anugerah keselamatan Allah bagi orang-orang yang dikasihi-Nya. Jangan takut, tetaplah kuat di dalam Dia! [MAR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/11/21/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Daniel+10:15-11:1
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+10:15-11:1

Daniel 10:15-11:1

15  Ketika dikatakannya hal ini kepadaku, kutundukkan mukaku ke tanah dan aku terkelu.
16  Tetapi sesuatu yang menyerupai manusia menyentuh bibirku; lalu kubuka mulutku dan mulai berbicara, kataku kepada yang berdiri di depanku itu: "Tuanku, oleh sebab penglihatan itu aku ditimpa kesakitan, dan tidak ada lagi kekuatan padaku.
17  Masakan aku, hamba tuanku ini dapat berbicara dengan tuanku! Bukankah tidak ada lagi kekuatan padaku dan tidak ada lagi nafas padaku?"
18  Lalu dia yang rupanya seperti manusia itu menyentuh aku pula dan memberikan aku kekuatan,
19  dan berkata: "Hai engkau yang dikasihi, janganlah takut, sejahteralah engkau, jadilah kuat, ya, jadilah kuat!" Sementara ia berbicara dengan aku, aku merasa kuat lagi dan berkata: "Berbicaralah kiranya tuanku, sebab engkau telah memberikan aku kekuatan."
20  Lalu katanya: "Tahukah engkau, mengapa aku datang kepadamu? Sebentar lagi aku kembali untuk berperang dengan pemimpin orang Persia, dan sesudah aku selesai dengan dia, maka pemimpin orang Yunani akan datang.
21  Namun demikian, aku akan memberitahukan kepadamu apa yang tercantum dalam Kitab Kebenaran. Tidak ada satupun yang berdiri di pihakku dengan tetap hati melawan mereka, kecuali Mikhael, pemimpinmu itu,
 1  seperti dahulu aku juga mendampinginya untuk menguatkan dan menyokongnya, yakni pada tahun pertama pemerintahan Darius, orang Media itu."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar