(e-RH) 11 November -- KEJADIAN 37:12-17 - KASIH YUSUF

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 11 November 2023
Bacaan : KEJADIAN 37:12-17
Setahun: Kisah Para Rasul 7-8
Nats: Lalu Israel berkata kepada Yusuf: "Bukankah saudara-saudaramu menggembalakan kambing domba dekat Sikhem? Marilah engkau kusuruh kepada mereka." Sahut Yusuf: "Ya bapa." (Kejadian 37:13)

Renungan:

KASIH YUSUF

Yusuf dibenci saudara-saudaranya karena Yakub-ayah mereka-lebih mengasihi Yusuf. Ditambah lagi cerita Yusuf tentang mimpi-mimpi yang mengandung nubuatan, yang dialaminya. Hal itu membuat saudara-saudaranya merasa iri. Namun demikian Yusuf tidak membalas perbuatan saudara-saudaranya dengan sikap serupa. Yusuf tetap mengasihi mereka.

Kasih Yusuf dibuktikannya saat Yakub memintanya menemui saudara-saudaranya yang sedang menggembalakan kambing domba dekat Sikhem. Bukan sekadar mengiyakan, Yusuf menjalankannya dengan tulus. Seandainya tidak ada ketaatan dan kasih dalam hati Yusuf, ia bisa saja menolak. Atau setidaknya ia memilih untuk pulang setelah sampai di Sikhem tanpa menemukan mereka. Tetapi Yusuf memilih melanjutkan pencariannya. Ia tetap mencari saudara-saudaranya sampai ketemu, sekalipun pertemuan itu ternyata membuahkan penderitaan baginya.

Mengapa Yusuf mau taat kepada bapanya? Mengapa Yusuf masih saja mengasihi saudara-saudara yang membencinya? Tidakkah Yusuf kecewa ketika kasihnya kepada saudara-saudaranya dibalas dengan perbuatan jahat? Bagaimana perasaan Yusuf mengingat mimpi-mimpinya yang ternyata bertolak belakang dengan kenyataan yang terjadi? Alkitab tidak mencatat kisah Yusuf yang membalas kebencian dan kejahatan saudara-saudaranya. Pun protes Yusuf kepada Allah dalam menjalani proses yang rumit dan sulit. Yusuf melakukannya karena ia taat kepada Allah. Ya, ketaatan kepada Allah membuat Yusuf selalu berusaha setia menyatakan kasih. Bagaimana dengan kehidupan kita? --EBL/www.renunganharian.net
   
TAAT KEPADA ALLAH ADALAH ALASAN BAGI KITA UNTUK TETAP SETIA DALAM KASIH DI TENGAH SITUASI YANG SULIT SEKALIPUN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/11/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?KEJADIAN+37:12-17

KEJADIAN 37:12-17

12  Pada suatu kali pergilah saudara-saudaranya menggembalakan kambing domba ayahnya dekat Sikhem.
13  Lalu Israel berkata kepada Yusuf: "Bukankah saudara-saudaramu menggembalakan kambing domba dekat Sikhem? Marilah engkau kusuruh kepada mereka." Sahut Yusuf: "Ya bapa."
14  Kata Israel kepadanya: "Pergilah engkau melihat apakah baik keadaan saudara-saudaramu dan keadaan kambing domba; dan bawalah kabar tentang itu kepadaku." Lalu Yakub menyuruh dia dari lembah Hebron, dan Yusufpun sampailah ke Sikhem.
15  Ketika Yusuf berjalan ke sana ke mari di padang, bertemulah ia dengan seorang laki-laki, yang bertanya kepadanya: "Apakah yang kaucari?"
16  Sahutnya: "Aku mencari saudara-saudaraku. Tolonglah katakan kepadaku di mana mereka menggembalakan kambing domba?"
17  Lalu kata orang itu: "Mereka telah berangkat dari sini, sebab telah kudengar mereka berkata: Marilah kita pergi ke Dotan." Maka Yusuf menyusul saudara-saudaranya itu dan didapatinyalah mereka di Dotan.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+7-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+7-8

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar