(e-SH) 1 Oktober -- Yehezkiel 25:12-17 - Allah yang Setia

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 1 Oktober 2023
Ayat SH: Yehezkiel 25:12-17

Judul: Allah yang Setia

Di tengah ketidaksetiaan bangsa Israel, Allah tetap setia. Allah tetap mengasihi mereka dan mengingat janji-Nya kepada nenek moyang mereka. Dia akan menjadi Allah bagi Israel dan menyertai mereka sampai masuk ke tanah perjanjian.

Salah satu janji setia Allah dibuktikan dengan membalaskan kejahatan yang telah dilakukan bangsa Edom dan Filistin karena melakukan kesalahan besar terhadap kaum Yehuda dan Israel (12-13, 15-16). Allah memukul habis dan membinasakan orang-orang dari bangsa itu dan juga meruntuhkannya (14, 16-17).

Hidup sebagai umat pilihan seharusnya memberi kenyamanan dan menyenangkan karena Allah pasti akan menjaga dan menghalau semua kejahatan yang akan mendatangi mereka. Tetapi, pada kenyataannya tidaklah demikian. Sekalipun Israel adalah umat pilihan Allah, mereka tak luput dari penderitaan dan aniaya.

Tuhan mengizinkan bangsa Israel mengalami berbagai aniaya dan penderitaan dalam hidupnya. Mereka diserang berbagai bangsa, bahkan pernah dijadikan budak oleh bangsa Mesir. Hingga akhirnya, mereka pun mempertanyakan dan meragukan Tuhan. Karena putus asa, mereka berdoa.

Namun, ada beberapa dari antara mereka yang membuat patung dewa-dewa karena menganggap Tuhan tidak mampu menolong sehingga mereka pun memilih mencari allah lain. Nas hari ini mengajarkan kepada kita bahwa Allah tidak tinggal diam. Ia mendengar tiap seruan dan doa umat Israel sekalipun bangsa itu pernah meninggalkannya.

Saat ini, kita mungkin pernah mengalami ketidakadilan.

Difitnah, dihina, atau bahkan diperlakukan dengan jahat. Semuanya itu meninggalkan luka hati yang sangat dalam. Adanya luka hati bisa membuat kita bertanya, "Mengapa Allah mengizinkan penderitaan ini terjadi padaku?"

Sadarlah, Allah kita setia dan adil. Dia Allah yang tidak pernah melupakan janji-Nya. Bersyukurlah sebab Allah tidak meninggalkan kita saat kita diperlakukan semena-mena. Berserulah kepada Allah yang setia, bukan kepada ilah yang tak bisa setia. [SLM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/10/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+25:12-17
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+25:12-17

Yehezkiel 25:12-17

12  Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena Edom membalaskan dendam kesumat terhadap kaum Yehuda dan membuat kesalahan besar dengan melakukan pembalasan terhadap mereka,
13  oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan Edom dan melenyapkan dari padanya manusia dan binatang dan Aku membuatnya menjadi reruntuhan; dari Teman sampai Dedan mereka akan mati rebah oleh pedang.
14  Aku akan melakukan pembalasan-Ku terhadap Edom dengan tangan umat-Ku Israel. Dan mereka akan memperlakukan Edom selaras dengan murka-Ku dan amarah-Ku, dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah yang membalas, demikianlah firman Tuhan ALLAH."
15  Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena orang Filistin membalaskan dendam kesumat dan di dalam kegembiraannya atas kecelakaan Israel melakukan pembalasan dengan melakukan pembinasaan karena rasa permusuhan yang turun-temurun,
16  oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan orang Filistin dan melenyapkan orang Kreta dan membinasakan yang lain-lain di tepi pantai laut.
17  Aku akan melakukan pembalasan yang kejam terhadap mereka disertai penghajaran-penghajaran kemarahan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada waktu Aku melakukan pembalasan-Ku terhadap mereka."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar