(e-SH) 14 Juli -- Ester 2:19-23 - Merespons Berita

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 14 Juli 2023
Ayat SH: Ester 2:19-23

Judul: Merespons Berita

Pada bagian akhir pasal kedua ini, Mordekhai digambarkan sebagai seorang yang penuh rahasia. Narator tidak memberi tahu apa motifnya mengikutsertakan Ester dalam pemilihan ratu pengganti (7-8), memeriksa keadaan Ester (11), dan merahasiakan keyahudiannya (10, 20). Bahkan, ketika ia bertugas di pintu gerbang istana raja (3:3) dan mengetahui rencana pembunuhan terhadap raja (21) dan menyampaikannya kepada Ester (22), tidak ada penjelasan narator mengapa ia melakukannya.

Namun, kita bisa mengaitkan tindakan Mordekhai dengan perkataan Nabi Yeremia kepada orang Israel yang dibawa ke pembuangan, "Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu juga" (Yer. 29:7). Terbukti, Mordekhai berkontribusi dalam mendatangkan kebaikan bagi kerajaan Persia. Raja selamat dan inisiator pembunuhan raja disulakan di tiang (23).

Peristiwa itu menunjukkan kedaulatan Allah. Bukan kebetulan apabila Mordekhai mendengar rencana jahat itu. Sebab segala sesuatu ada dalam kendali Allah. Sekali lagi, peristiwa itu menunjukkan keterlibatan Allah yang "tidak terlihat" di dalam kitab ini.

Kita tidak bisa tahu mengapa suatu berita dapat didengar oleh kita, tetapi tidak oleh orang lain. Kita juga tidak tahu mengapa seseorang datang kepada kita untuk menceritakan suatu keadaan yang memprihatinkan. Namun, kita boleh percaya bahwa Allah mengizinkan hal itu terjadi agar kita melakukan kebaikan.

Kita perlu mencari petunjuk Allah. Apa yang Allah ingin kita lakukan sebagai respons? Kita pun perlu dengan bijaksana mempertimbangkan berita itu dan mengujinya sebelum melakukan sesuatu. Petunjuk Allah, hikmat dari-Nya, dan pengaturan-Nya akan menolong kita mendatangkan kebaikan bagi sesama.

Bersyukurlah atas berbagai hal yang kita ketahui dan atas siapa saja yang datang kepada kita. Allah memperkenankan hal itu terjadi dalam hidup kita demi mendatangkan kebaikan kepada sesama. [JMH]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/07/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ester+2:19-23
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ester+2:19-23

Ester 2:19-23

19  Selama anak-anak dara dikumpulkan untuk kedua kalinya, Mordekhai duduk di pintu gerbang istana raja.
20  Adapun Ester tidak memberitahukan asal usul dan kebangsaannya seperti diperintahkan kepadanya oleh Mordekhai, sebab Ester tetap berbuat menurut perkataan Mordekhai seperti pada waktu ia masih dalam asuhannya.
21  Pada waktu itu, ketika Mordekhai duduk di pintu gerbang istana raja, sakit hatilah Bigtan dan Teresh, dua orang sida-sida raja yang termasuk golongan penjaga pintu, lalu berikhtiarlah mereka untuk membunuh raja Ahasyweros.
22  Tetapi perkara itu dapat diketahui oleh Mordekhai, lalu diberitahukannyalah kepada Ester, sang ratu, dan Ester mempersembahkannya kepada raja atas nama Mordekhai.
23  Perkara itu diperiksa dan ternyata benar, maka kedua orang itu disulakan pada tiang. Dan peristiwa itu dituliskan di dalam kitab sejarah, di hadapan raja.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar