(e-SH) 9 Mei -- Ulangan 32:26-43 - Allah dan Karya-Nya yang Sempurna

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 9 Mei 2023
Ayat SH: Ulangan 32:26-43

Judul: Allah dan Karya-Nya yang Sempurna

Siapa yang tidak kenal nama Leonardo da Vinci, Vincent van Gogh, Michelangelo, dan Raphael? Mereka adalah seniman ternama dalam bidang seni lukis dan patung. Namun, ada yang jauh melebihi mereka, yaitu Allah. Ia adalah Seniman Agung yang karya-Nya adalah manusia yang dirancang untuk menyatakan segala karya-Nya (lih. Kej 1:26-27).

Allah sebagai Seniman yang baik dan penuh cinta kasih tentu selalu menjaga karya ciptaan-Nya. Sekalipun Allah amat murka kepada umat Israel, Ia juga amat menghargai hasil pekerjaan-Nya. Ketika Allah menyerahkan umat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, itu bukan karena Ia membuang mereka, melainkan karena Ia hendak menyatakan diri-Nya dan memulihkan kembali karya-Nya (26-27).

Kekalahan hebat yang akan menimpa umat Israel merupakan hasil karya Allah, bukan hasil karya para musuh dan bukan pula hasil karya orang Israel. Segala malapetaka bisa terjadi bukan karena kejayaan manusia, melainkan karena kekuatan Tuhan yang mahakuasa dan mahaadil (28-35).

Hanya sesaat saja Allah menyerahkan karya-Nya ke tangan musuh. Namun, sesudah itu, Ia akan mengambil kembali karya-Nya. Kehancuran dan hukuman yang diberikan adalah pelajaran yang mengingatkan semua orang akan kebesaran kuasa dan kasih-Nya. Hanya Allah yang memegang kuasa untuk menghidupkan dan mematikan serta mendatangkan penyakit dan menyembuhkan. Tak seorang pun akan dapat menghadapi-Nya. Hal yang harus dilakukan manusia adalah memuliakan Allah atas keadilan-Nya yang dinyatakan atas karya-Nya.

Kita semua adalah karya Allah yang terbaik. Namun, pemberontakan kita telah menyebabkan diri kita tidak terlihat seperti karya Allah. Persoalan kehidupan yang kita alami merupakan bagian yang Allah izinkan sebagai proses pembelajaran iman, dalam rangka memulihkan ketaatan serta pengakuan kita akan kuasa dan kehendak Allah.

Berdoalah, mintalah hikmat dari Allah, agar kita bijaksana dalam memahami kehendak-Nya di dalam diri dan hidup kita sebagai karya-Nya. [EMR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/05/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+32:26-43
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+32:26-43

Ulangan 32:26-43

26  Seharusnya Aku berfirman: Aku meniupkan mereka, melenyapkan ingatan kepada mereka dari antara manusia,
27  tetapi Aku kuatir disakiti hati-Ku oleh musuh, jangan-jangan lawan mereka salah mengerti, jangan-jangan mereka berkata: Tangan kami jaya, bukanlah TUHAN yang melakukan semuanya ini.
28  Sebab mereka itu suatu bangsa yang tidak punya pertimbangan, dan tidak ada pengertian pada mereka.
29  Sekiranya mereka bijaksana, tentulah mereka mengerti hal ini, dan memperhatikan kesudahan mereka.
30  Bagaimana mungkin satu orang dapat mengejar seribu orang, dan dua orang dapat membuat lari sepuluh ribu orang, kalau tidak gunung batu mereka telah menjual mereka, dan TUHAN telah menyerahkan mereka!
31  Sebab bukanlah seperti gunung batu kita gunung batu orang-orang itu; musuh kita boleh menjadi hakim!
32  Sesungguhnya, pohon anggur mereka berasal dari pohon anggur Sodom, dan dari kebun-kebun Gomora; buah anggur mereka adalah buah anggur yang beracun, pahit gugusan-gugusannya.
33  Air anggur mereka adalah racun ular, dan bisa ular tedung yang keras ganas.
34  Bukankah hal itu tersimpan pada-Ku, termeterai dalam perbendaharaan-Ku?
35  Hak-Kulah dendam dan pembalasan, pada waktu kaki mereka goyang, sebab hari bencana bagi mereka telah dekat, akan segera datang apa yang telah disediakan bagi mereka.
36  Sebab TUHAN akan memberi keadilan kepada umat-Nya, dan akan merasa sayang kepada hamba-hamba-Nya; apabila dilihat-Nya, bahwa kekuatan mereka sudah lenyap, dan baik hamba maupun orang merdeka sudah tiada.
37  Maka Ia akan berfirman: Di manakah allah mereka, --gunung batu tempat mereka berlindung--
38  yang memakan lemak dari korban sembelihan mereka, meminum anggur dari korban curahan mereka? Biarlah mereka bangkit untuk menolong kamu, sehingga kamu mendapat perlindungan.
39  Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.
40  Sesungguhnya, Aku mengangkat tangan-Ku ke langit, dan berfirman: Demi Aku yang hidup selama-lamanya,
41  apabila Aku mengasah pedang-Ku yang berkilat-kilat, dan tangan-Ku memegang penghukuman, maka Aku membalas dendam kepada lawan-Ku, dan mengadakan pembalasan kepada yang membenci Aku.
42  Aku akan memabukkan anak panah-Ku dengan darah, dan pedang-Ku akan memakan daging: darah orang-orang yang mati tertikam dan orang-orang yang tertawan, dari kepala-kepala musuh yang berambut panjang.
43  Bersorak-sorailah, hai bangsa-bangsa karena umat-Nya, sebab Ia membalaskan darah hamba-hamba-Nya, Ia membalas dendam kepada lawan-Nya, dan mengadakan pendamaian bagi tanah umat-Nya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar